PENINGKATAN pH SALIVA DENGAN MENGUNYAH KEJU CHEDDAR

R. Ardian Priyambodo, Ira Liasari

Abstract


Derajat keasaman pH saliva merupakan bagian yang penting dalam meningkatkan integritas gigi karena dapat meningkatkan terjadinya remineralisasi gigi, dimana penurunan pH saliva dapat menyebabkan demineralisasi gigi. Salah satu makanan yang dapat mempengaruhi pH saliva adalah keju.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh makan keju cheddar terhadap peningkatan pH saliva. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 67 orang. Analisis menggunakan uji paired T-test menujukkan hasil yang signifikan (p=0,012) , sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pH saliva setelah mengunyah keju cheddar.

 

Kata kunci: pH saliva, keju cheddar, demineralisasi


References


Akbarisyah, Tri, Permata, Diah Tanjung, Astuti, Desi Sri. 2011. Anatomi, Histologi dan Fisiologi dari Kelenjar Saliva. Makalah. Studi Kedokteran Gigi. Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Sriwijaya.

Amalia, Resti. 2013. Gambaran Status pH dan Volume Saliva Pada Pengguna Kontrasepsi Hormonal. Skripsi. Fakultas Kedokteran Gigi: Universitas Hasanuddin.

Andryas, Ika. 2004. Peranan Saliva Pengganti Pada Penderita Xerostomia. Skripsi. Universitas Sumatera Utara: Medan.

Anggraeni, N. 2007. Latar Belakang dan Pembuatan Keju.(eprints.ums.ac.id >BAB_II ). Diakses pada Tanggal 25 januari 2019.

Hapsari, Nadia Fitri, Ismail, Ade. Santoso, Oedjiono. 2014. Pengaruh Konsumsi Keju Cheddar 10 Gram Terhadap pH Saliva. Odonto Dental Jurnal Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Kasuma, Nila dan Biomed M. 2015. Fisiologi dan Patologi Saliva. Padang: Andalas University Press.

Kidd, E, A, M dan Sally Jonyston Bechal. 1992. Dasar-Dasar Karies Penyakit dan Penanggulangannya. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Kurniawati. 2010. Penurunan Kapasitas dan Aktivitas Antioksidan Saliva Akibat Merokok. Oral Biologi Dental Journal vol 2, no2, 1-6. Hasibuan, R,G,H. 2016. Perbedaan pH dan Laju Alir Saliva Sebelum dan Sesudah Mengunyah Cokelat dan Keju Cheddar. Skripsi.. Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Sumatera Utara: Medan.

Rakhmah,R,F. 2008. Latar Belakang Keju. (eprints.ums.ac.id >BAB_I ). Diakses pada Tanggal 25 januari 2021.

Rizal, F,Y. 2017. Perbedaan Laju Alir dan Kapasitas Buffer dan Kadar Ion Kalsium Pada Wanita Hamil. Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Sumatera Utara: Medan.




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v20i2.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats