SIMULASI PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Rini Irmayanti Sitanaya, Hans Lesmana, Surya Irayani, Badai Septa

Abstract


Pendidikan kesehatan gigi dan mulut adalah upaya untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Pendidikan kesehatan gigi harus menarik, penjelasan yang menarik tanpa mengurangi konten pendidikan. Pemberian pengetahuan dapat dilakukan dengan permainan simulasi ular tangga yang telah dimodifikasi sehingga mengandung konten kesehatan gigi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan simulasi ular tangga terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulu anak usia sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan rancangan pre test dan post test. Sampel diambil dengan menggunakan metode quota sampling yang terdiri dari 20 responden di SD Negeri Gunung Sari I Kota Makassar. Variabel independen adalah permainan simulasi ular tangga. Variabel dependen adalah pengetahuan kesehatan gigi dan mulut. Data dikumpul dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan uji paired samples t-test dengan p < 0,05. Berdasarkan analisis menggunakan uji paired samples t-test menunjukkan dari nilai signifikansi 0,00 (p < 0,05). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan simulasi ular tangga mempengaruhi pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah dasar.

 

Kata kunci: pendidikan kesehatan gigi dan mulut, permainan ular tangga


References


Komisi WHO. 2016. Mengenal Intervensi Kesehatan Masyarakat terhadap Karies Anak Usia Dini, Available at:http://www.who.int/iris/bitstream/10665/259349/1/WHO-NMHPND-ECHO-17.1-eng.pdf?ua=1 (Diakses tanggal 6 Januari 2018)

Sara Pradhethi, 2016. Efektifitas Metode Pendidikan Kesehatan dengan Simulasi Permainan Ular Tangga terhadap Perubahan Sikap tentang Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Usia Sekolah di SDN 03 Singkawang Tengah. Skripsi. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Donald Clark. 2006. Game and e-learning. Sunderland. Caspian Learning. www.caspianlearning.co.uk

Hamdalah, Afif.2013.Efektivitas Media Cerita Bergambar Dan Ular Tangga Dalam Pendidikan Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa SDN 2 Patrang Kabupaten Jember.Jurnal Promkes,Vol 1(2).

Kurnia Sar E., 2012. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gosok Gigi dengan Metode Permainan Simulasi Ular Tangga Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap dan Aplikasi Tindakan Gosok Gigi Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Wilayah Paron Ngawi, Jurnal Karies Gigi Pada Anak, available at : https://docshare.tips/download/58878ad1b6d87faea58b46b5

Puspitaningtiyas, R., Leman, M. A., & ., J. (2017). Perbandingan efektivitas dental health education metode ceramah dan metode permainan simulasi terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak. E-GIGI, 5(1). doi:10.35790/eg.5.1.2017.15523

Ayati Nurul, Ranchman Ainur, Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Permainan Simulasi (Puzzle) Mengenai Menggosok Gigi Terhadap Perubahan Pengetahuan Pada Siswa Kelas I Di Sdn 005 Samarinda. Ponorogo. 2017.




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v20i2.2563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats