Uji Daya Hambat Ekstrak Etanol Daun Serai Terhadap Pertumbuhan Streptococcus mutans

Lucia Yauri, Ellis Mirawati Hamid, Haryanto Arif

Abstract


Di Indonesia, tanaman obat atau lebih dikenal dengan banyak digunakan untuk pemeliharaan dan perawatan kesehatan. Diperkirakan terdapat jenis tanaman yang bermanfaat untuk pengobatan termasuk pengobatan gigi dan mulut, salah satunya adalah daun serei. Streptococcus mutans adalah bakteri gram positif dan merupakan penyebab karies gigi dan jumlahnya sangat tinggi pada plak gigi. Serai atau Cymbopogon citratus merupakan tumbuhan yang masuk ke dalam famili rumput-rumputan atau Poaceae. Kemampuan anti bakteri ekstrak daun serei yang disebabkan oleh kandungan fitokimianya yaitu tamin, flavonoid, fenol dan minyak esensial Senyawa ini bersifat nakterisida dan fungisidal dan bekerja dengan cara merusak membran sel.Senyawa tersebut mengakibatkan denaturasi protein dengan cara menghambat pembentukan protein dan asam sehingga terjadi ATP-ase membran sel. Streptococcus mutans adalah bakteri gram positif dan merupakan penyebab karies gigi dan jumlahnya sangat tinggi pada plak gigi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui "Uji Daya Hambat Ekstrak Etanol Daun Serei Terhadap Pertumbuhan Streptococus Mutans. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Laboratorium eksperimental. Sampel berupa Ekstrak Daun serei 2%, Esktrak Daun serei 50%, Ekstrak Daun serei 75%, yang diletakkan ke dalam 5 cawan petri yang telah ditanami bakteri strephtococus mutans Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi 25% ekstrak daun serei memiliki daya hambat 2.2 (mm), 50% daya hambatnya10 (mm) , dan 75% daya hambatnya 17,6 (mm) .

 

Kata Kunci: EkstraK Etanol, Ekstrak daun sereh, Streptococcus Mutans


References


DAFTAR PUSTAKA

Almeida RBA, Akisue G, Cardoso LML, Junqueira JC,Jorge, 2013 Atividade antimicrobiana do oleo essencial de Cymbopogon citratus (DC) Stapf,sobre Staphylococcus spp., Streptococcus mutans e Candida spp. Laboratiry of Pharmacognosy and medicinal Plants. Faculty of Pindamonhangaba; Sao Paulo, Brasil.

Hoshino T, fujiwara T, kawabata S. Evaluasi Karakter Kariogenik Pada Sreptococcus Mutans Transmisi Horizontal Glikosil Keluarga Hidrolase 70 Gen Lporan Ilmiah .

Jawetz, et.al. 2001. Mikrobiologi kedokteran, Jakarta:Salemba Medika

Li H, Huang J, Zhang X, Chen Y, Yang J, Hei L. 2005. Allelopatic effects of Cymbopogon citratus volatile and its chemical components. YingYong Sheng Tai Xue Bao; 2005, 16: 763-67.

Novita Willia.2016. Uji Aktvitas Anti Bakteri Fraksi Daun Sirih (Piper Betle L) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Streptococcus Mutans Secara In Vitro

Sari,s.2013. Hubungan Kebiasaan Menggosok Gigi Dengan Timbulnya Karies Gigi Pada Anak Usia Sekolah Kelas 6 Di Sdn Ciputat 6 Tangerang Selatan Provinsi Bante Tahun 2013 . Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah .

Susanna,dkk.2017.Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Serai (Cymbopogon Citratus L) Terhadap Pertumbuhan Streptococcus Mutans.Skripsi Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran.Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ulfayani,M & Alfi,S. 2019 . Uji aktivitas antibakteri daun sereh wangi (Cymbopogon nardus ) Terhadap pertumbuhan bakteri streptococcus mutans .skripsi fakultas farmasi dan ilmu kesehatan , Universitas sari Mutiara indonesia.Medan .

Volk, W A dan Wheller,1993. Mikrobiologi Dasar, Edisi kelima Jilid I, Penerbit Erlangga, Jakarta

Wijaya Kususma ,2005. buku ajar fisisologi kedoteran .EGC. Jakarta .




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v21i1.2764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats