Efektivitas Pillow Book dalam Promosi Kesehatan Gigi Anak Sekolah Dasar

Nugraheni Widyastuti, Hamsar Hasfat, Agus Supriatna

Abstract


ABSTRAK

 

Karies gigi paling banyak ditemukan pada anak usia sekolah. Pengetahuan anak yang kurang merupakan salah satu diantara faktor penyebab kerusakan gigi. Efek dari ini mengakibatkan kesadaran anak dalam menjaga kesehatan gigi menjadi kurang. Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan gigi yaitu dengan upaya promotive dengan promosi kesehatan melalui penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Pendidikan kesehatan gigi memerlukan media yang tepat. Diperlukan suatu inovasi untuk pengguanaan media yang terkini dan tepat untuk anak yaitu menggunakan inovasi media pillow book. Tujuan penelitian yaitu untuk menguji media pillow book dalam meningkatan pengetahuan dan sikap kesehatan gigi anak sekolah dasar. Metode penelitian digunakan yaitu quasi eksperimental dengan pre test and post test nonequivalent control group design. Tahapan penelitian yaitu pengukuran tingkat pengetahuan dan tindakan anak sebelum maupun sesudah penyuluhan menggunakan media pillow book pada kelompok intervensi sedangkan kelompok kontrol dengan flipchart.  Uji data normalitas dengan shapiro wilk, dilanjutkan dengan wilcoxon test dan mann-whitney test. Hasil uji efektivitas data berpasangan dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak menunjukkan bahwa nilai p-value kelompok intervensi adalah 0,000 (p <0,05) artinya pillow book efektif. Sedangkan pada kelompok kontrol adalah 0,180 (p >0,05) artinya media flipchart tidak efektif. Kesimpulan bahwa untuk meningkatan pengetahuan maupun sikap anak sekolah dasar lebih efektif menggunakan media pillow book  daripada media flipchart.

 

Kata Kunci : Anak sekolah dasar; pillow book; promosi kesehatan gigi

 

 

 

ABSTRACT

 

Dental caries is most found in school-age children. Lack of knowledge of children is one of the factors causing tooth decay. The effect of this results in less awareness of children in maintaining dental health. One way to improve dental health is through promotive efforts with health promotion through dental and oral health education. Dental health education requires the right media. An innovation is needed for the use of the latest and most appropriate media for children, namely using the pillow book media innovation. The aim of the study was to test the pillow book media in increasing the dental health knowledge and attitudes of elementary school children. The research method used was quasi-experimental with pre-test and post-test nonequivalent control group design. The stages of the research were measuring the level of knowledge and actions of children before and after counseling using pillow book media in the intervention group while the control group used flipcharts. Test data for normality with Shapiro Wilk, followed by Wilcoxon test and Mann-Whitney test. The results of the paired data effectiveness test in increasing children's knowledge and attitudes showed that the p-value of the intervention group was 0.000 (p <0.05) meaning that the pillow book was effective. Whereas in the control group it was 0.180 (p>0.05) meaning that flipchart media was not effective. The conclusion is that to increase the knowledge and attitudes of elementary school children it is more effective to use pillow book media than flipchart media.

 

Keywords: Elementary school children; pillow book; dental health promotion


References


Ali. 2016. Efektivitas Dental Health Education Disertai Demonstrasi Cara Menyikat Gigi Terhadap Tingkat Kebersihan Gigi Dan Mulut Anak Sekolah Dasar. 2016;5(1).

Kowal P, Chatterji S, Naidoo N, Biritwum R, Fan W, Lopez Ridaura R, et al. 2012. Data resource profile: the World Health Organization Study on global AGEing and adult health (SAGE). 2012;41(6):1639-49.

Kementrian Kesehatan. 2018. Riset kesehatan dasar. Laporan Nasional

Kementrian Kesehatan. 2018. Riset kesehatan dasar. Laporan Provinsi Sulawesi Selatan.

Abanto, J., dkk. 2011. Impact of oral diseases and disorders on oral health‐related quality of life of preschool children. 2011;39(2):105-14.

Widayati N. 2014. Faktor yang Berhubungan dengan Karies Gigi Pada Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Di TT Ra Bustanussholihin Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan): Universitas Airlangga.

Skouteris, H. dkk.,2011. Parental influence and obesity prevention in pre‐schoolers: a systematic review of interventions. 2011;12(5):315-28.

Siwi, DA., Prasetyo, K.,Sari, NK. 2017. Desain Buku Bantal Berbasis Fun Pop-Up Untuk Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Suiraoka IP SIN. Media Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2012.

Suiraoka IP SIN. Media Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2012.

Kantohe ZR, Wowor VN. Perbandingan efektivitas pendidikan kesehatan gigi menggunakan media video dan flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak. 2016;4(2).

Setiawan H, Adi S, Ulfah. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Autoplay Sebagai Media Promosi Kesehatan Tentang Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa Kelas V SDN Percobaan 02 Kota Malang. 2017;2(2).

Fatmasari D ea. Salivary Glucose Level Increases Severity of Periodontal Condition in Patients with Type 2 DM. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2017;13:178-84.

Perangin-angin LF. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Kesehatan Melalui Kartu Sehat Bagi Siswa Kelas VIII di SMP Islam Al Madina Kota Semarang Tahun 2016: Universitas Negeri Semarang; 2016.

Kementrian Kesehatan RI K. 2012. Buku Panduan Pelatihan Kader Kesehatan Gigi dan Mulut Masyarakat: Jakarta : Kementrian kesehatan RI

Nuraini, N dan Agusta, E. 2019. Pencegahan Caries bagi Anak-Anak di Rumah Belajar Ide-Id, Tangga Buntung Palembang

Lintang JC, Palandeng H, Leman. Hubungan tingkat pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi dan tingkat keparahan karies gigi siswa SDN Tumaluntung Minahasa Utara. 2015;3(2).

Sari. Pendidikan kesehatan sekolah sebagai proses perubahan perilaku siswa. 2013;9(2).

Santoso ea. The Effect of Dental Health Education Methods through Teacher Training to the Behaviors of the Teachers and Dental Hygiene of Children with Intellectual Disability. 2018;6:8.

al. SAe. Enhancing Sport, Physical Activity, and Health Promotion International Conference on Physical Education, Sport and Health (Ismina) 2017.

Fitriastutik DR. Efektivitas booklet dan permainan tebak gambar dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa kelas IV terhadap karies gigi di SD Negeri 01, 02, dan 03 Bandengan kecamatan Jepara kabupaten Jepara tahun ajaran 2009/2010: Universitas Negeri Semarang; 2010.

Nurhidayat. Perbandingan Media Power Point Dengan Flip Chart Dalam Meningkatkan Pengetahuankesehatan Gigi Dan Mulut. 2012;1(1).

Pratiwi DA, Yuniar N, Erawan. Pengaruh Penyuluhan Metode Permainan Edukatif dan Metode Ceramah terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Pencegahan Penyakit Diare pada Murid SD di Kecamatan Poasia Kota Kendari Tahun 2015. 2016;1(2).

Setiawan H, Adi S, Ulfah NH. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Autoplay Sebagai Media Promosi Kesehatan Tentang Kesehatan Gigi dan Mulut pada Siswa Kelas V SDN Percobaan 02 Kota Malang. Preventia. 2017;2(2).




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v21i2.3051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats