Efek Pasta Gigi Kalsium Karbonat dan Hydrated Silica Terhadap Pengurangan Stain Gigi Akibat Merokok

Lucia Yauri, Ellis Mirawati Hamid, Nugrah Nur Awaliah Haris

Abstract


Indonesia memiliki populasi perokok yang bertambah dari tahun ketahun. Kandungan nikotin, tar, dan karbonmonoksida dalam rokok menyebabkan timbulnya noda stain gigi. Pengilangan stain dan pemutihan gigi dapat dilakukan dengan penggunaan pasta gigi yang mengandung zat abrasif, perawatan scalling hingga perawatan bleaching. Kandungan bahan abrasif seperti kalsium karbonat dan hydrated silica pada pasta gigi dapat mengabrasi noda-noda stain yang menempel pada gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penggunaan pasta gigi kalsium karbonat dan hydrated silica terhadap pengurangan stain gigi akibat merokok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan metode penelitian desain pre and post test. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orang masyarakat perokok di Kelurahan Labakkang, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok pertama menyikat gigi dengan pasta gigi kalsium karbonat dan kelompok kedua menyikat gigi dengan pasta gigi hydrated silica. Pengukuran stain gigi dengan menggunakan Lobene Stain Indeks yang terdiri dari nilai intensitas, area dan gabungan Lobene. Data hasil penelitian diolah dengan uji paired t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat penurunan stain gigi pada kelompok pasta gigi kalsium karbonat dan hydrated silica dapat dilihat dari pengukuran intensitas, area, dan gabungan Lobene. Perbandingan efek kalsium karbonat dan hydrated silica menunjukkan kalsium karbonat memiliki efek yang lebih besar terhadap pengurangan stain gigi dibanding hydrated silica terlihat dari selisih perubahan yang lebih besar.

Kata kunci : Hydrated silica; kalsium karbonat; stain gigi


References


Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. Sensus Penduduk: SP 2020. Jakarta: Rilis BPS 21 Januari 2021.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. Susenas: 2019-2021. Jakarta: Rilis BPS 2022.

Bayahu, C, Pangemanan, D H C & Mintjelungan, C N, 2021, ‘Uji Efektivitas Pasta Gigi Pemutih Terhadap Perubahan Warna Gigi Ekstrinsik’, Jurnal e-GiGi, vol. 9, no. 2, hh. 204-208.

Fibriyanto, E, 2019, ‘Efektifitas Pasta Gigi Pemutih Terhadap Pewarnaan Gigi Ekstrinsik’, Jurnal kedokteran Gigi Terpadu, vol. 1, no. 2, hh. 5-7.

Marlindayanti. 2020. Plak Gigi. Kediri: Chakra Brahmanda Lentera.

Nismal, Harfindo, 2018. Islam Dan Kesehatan Gigi. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Putri, Megananda H; Herijulianti, Eliza; Nurjannah, Neneng. 2019. Ilmu Pencegahan Penyakit Jaringan Keras dan jaringan Pendukung Gigi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Susanto, A, Hendiani, I & Fatimah, M S, 2018, ‘Efek Pasta Gigi Kalsium Karbonat Dan Hydrated Silica Terhadap Pewarnaan Gigi Perokok’, J Ked Gi Unpad, vol. 30, no. 1, hh.1-6.




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v21i2.3112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats