PENGARUH TEKNIK MENYIKAT GIGI TERHADAP TERJADINYA ABRASI PADA SERVIKAL GIGI

Rini Irmayanti Sitanaya

Abstract


Salah satu upaya yang dapat dilaksanakan untuk mencegah karies adalah dengan memperhatikan kebersihan area rongga mulut terutama gigi, pembersihan plak setiap hari adalah dengan cara menyikat gigi. Menyikat gigi adalah kegiatan pembersihan plak secara mekanis yang dilakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Terjadinya abrasi pada gigi, dapat disebabkan oleh perilaku menyikat gigi, baik itu frekuensi menyikat gigi, jenis sikat gigi yang digunakan, hingga metode atau teknik yang digunakan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik menyikat gigi terhadap terjadinya abrasi pada servikal gigi. Jenis penelitian ini adalah jenis observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Galesong Selatan Kabupaten Takalar, sementara sampel yang diambil berjumlah 40 responden dengan menggunakan teknik stratified random sampling.

Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis statistik dengan uji korelasi antar variabel dengan nilai probabilitas (sig.) <0,05 dan hasilnya memperlihatkan bahwa ada pengaruh teknik menyikat gigi dengan kejadian abrasi pada servikal gigi. Dengan demikian untuk mencegah terjadinya abrasi pada servikal gigi perlu memperhatikan teknik menyikat gigi yang tepat dan menghindari tekanan yang berlebihan pada saat menyikat gigi.

 

Kata Kunci: abrasi gigi, servikal gigi, teknik menyikat gigi


References


DAFTAR PUSTAKA

Ardiyan Gilang Ramadani, 2010. Kesehatan Gigi dan Mulut, Bukune, Jakarta,

Bestoesd,j, 1996. Mengenal Gigi Anda Petunjuk Bagi Orang Tua, Jakarta-depkes Ri-2000, Profil Kesehatan Gigi dan Mulut di Indonesia pada Pelita VI,depkes RI, Jakarta.

Dentica Dental journal kedokteran,Efek Penyuluhan dalam Penurunan Indeks Plak pada Murid SD kelas IV dan V di Sekolah Dasar, Medan ,vol 6 no 1, Jakarta ,2002

Forrest,j.o, 1991. Pencegahan Penyakit Mulut. Hipokratos, Jakarta Hamzah Herdiansyah, 2010. Khasiat Daun Sirih. www.benga.blogspot.com (24-04-2012)

Howink,B,dkk,1993. llmu kedokteran Gigi dan Pencegahan .Gaja mada universty, Yogyakarta

Herijulianti Eliza, Pendidikan Kesehatan Gigi. EGC, Jakarta,2001

Ircham dkk, 1993. Penyakit Gilut dan Pencegahan dan Perawatan. Liberty, Yogyakarta.

Machfoods ircham,2005. Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak – anak dan ibu hamil. Fitramaya, Yogyakarta

Kidd Edwina , 1991, Dasar – Dasar Karies ,Penyakit dan Penanggulangannya. EGC, Jakarta

Pratiwi, 2009. Gigi Sehat dan Cantik. Kompas,Jakarta

Srigupta ,Aziz Ahmad ,2004.Perawatan Gigi dan Mulut. Prestasi pustaka, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v16i1.744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats