PENGARUH KONTRASEPSI SUNTIK DEPOPROVERA TERHADAP PH DAN VOLUME SALIVA DI PUSKESMAS PA’BENTENGAN KABUPATEN BANTAENG

Ellis Mirawati Hamid, Lucia Yauri

Abstract


Studi ini meneliti mengenai pengaruh kontrasepsi suntik depoprovera terhadap pH dan volume saliva di puskesmas pa’bentengan kabupaten bantaeng tahun 2018. Kontrasepsi suntik depoprovera banyak digunakan untuk mencegah kehamilan. Adanya hormon progesteron yang terkandung dalam kontrasepsi ini akan memberi pengaruh pada lingkungan rongga mulut terutama pada kondisi saliva. Untuk mengetahui pengaruh pemakaian kontrasepsi suntik depoprovera terhadap pH saliva dan volume saliva. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian Observasional Analitik study cross-sectional. Subyek penelitian sebanyak 50 wanita terbagi dari 25 kelompok Pengguna Kontrasepsi Suntik Depoprovera dan 25 orang yang tidak menggunakan kontrasepsi ( Kontrol ). Penelitian ini diawali dengan pemerikasaan pH saliva dengan menggunakan pH meter digital hanna dilanjutkan dengan pengukuran volume saliva dengan menggunakan spoit 1 cc. Hasil penelitian dengan uji statistik didapatkan perbedaan yang bermakna ( p=0.000 ) dengan rerata pH saliva dan volume saliva yang lebih tinggi pada kelompok pemakai kontrasepsi suntik depoprovera dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terapat pengaruh pemakaian kontrasepsi suntik depoprovera terhadap peningkatan pH dan volume saliva.


References


Agustina, Wulandari . 2014. Pengaruh Pemakaian Kontrasepsi Suntik Depoprovera Terhadap Ph Dan Volume Saliva Serta Angka Leukosit Cairan Sulkus Gingiva. [Skripsi ] Diponegoro : Universitas Diponegoro

Amalia , Resty. 2013. Gambaran Status Ph Saliva Pada Pengguna Kontrasepsi Hormonal Di Kecamatan Mapakasunggu Kabupaten Takalar.http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/7825 .

Everett, Suzanne. 2007. Buku Saku Kontrasepsi & Kesehatan Seksual Reproduktif. Jakarta : EGC.

Handajani, Juni, Maya Puspita ,Dkk . Contraceptive pill and injection pH and volume of saliva . Dentika Dental Journal 2009 ;Vol 15, No. 1.1-5. Universitas Gajah Mada.

Manuwaba, Ida Bagus Gde. 2006. Kapita Selekta Penatalaksanaan Rutin Obstetri Ginekologi dan KB. Jakarta : EGC

Srirhy. 2012 . Kontrasepsi Suntikan . https://srirhy.wordpress.com/2012/09/23/kontrasepsi-suntikan/.

Varney,Helen . 2007. Buku Ajar Asuhan Kebidanan. Jakarta : EGC.




DOI: https://doi.org/10.32382/mkg.v18i1.874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Keperawatan Gigi

Office : Jl. Monumen Emmy Saelan III, Makassar, South Sulawesi, 90242

Email  :  mediagigi@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

  

View My Stats