DAYA TERIMA DAN ANALISIS PROTEIN SERTA SERAT SNACK BAR DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG AMPAS TAHU

Lydia Fanny, Rezki Septiani Tri, Sitti Sahariah Rowa

Abstract


Ampas tahu merupakan produk sampingan dalam proses pembuatan tahu berupa padatan yang diperoleh dari ampas kedelai yang diperas. Daging tahu masih memiliki kandungan protein dan serat yang relatif tinggi. Salah satu kegunaan ampas tahu di Indonesia adalah oncom. Protein adalah komponen struktural utama dari semua sel tubuh dan berfungsi sebagai enzim, hormon, dan molekul penting lainnya yang berfungsi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan, yang berperan dalam berbagai sekresi tubuh. Kandungan serat merupakan komponen makanan nabati yang meliputi polisakarida, karbohidrat analog, oligosakarida, lignin dan bahan yang berkaitan dengan sel tumbuhan yang terdapat dalam snack bar. Snack bar merupakan salah satu produk fast food fungsional berupa bar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya terima dan analisis protein dan serat pada snack bar dengan penambahan tepung ampas tahu. Desain penelitian ini merupakan jenis penelitian pra eksperimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah post test group design. Pembuatan snack bar dengan penambahan tepung ampas tahu 0%, 15%, 25%, dan 35%. Analisis protein menggunakan metode Micro Khjedhal dan analisis serat menggunakan metode Gravimetri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai penerimaan secara keseluruhan menunjukkan konsentrasi terbaik adalah 25% (aspek warna, tekstur, aroma, dan rasa). Kadar protein snack bar dengan penambahan tepung ampas tahu adalah 25% yaitu rata-rata 9,877% dan kadar serat snack bar dengan penambahan tepung ampas tahu sebesar 25% yaitu rata-rata 22,89%. Disarankan untuk melakukan analisis nutrisi lain pada snack bar dengan menambahkan ampas tahu dan menambahkan bahan atau bahan penyedap lain yang dapat ditambahkan untuk menghilangkan rasa dan aroma ampas tahu.


Keywords


Snack Bar, Daya Terima, Ampas Tahu, Kadar Protein, Kadar Serat

Full Text:

PDF

References


Apriadi K, Netti H, dan Ayu F.D. (2017). Pemanfaatan Tepung Ampas Tahu Pada Pembuatan Kukis Mengandung Minyak Sawit Merah. Departemen Pertanian, Universitas Riau.

Asniar Hardianti Supu, Lydia Fanny, R. S. L. (2018). Daya terima dan analisis kandungan zat gizi makro snack bar uwi ungu ( dioscorea alata ) dan kacang tunggak ( vigna unguiculata). Media Pangan Dan Gizi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), 2016. pedoman umum pelabelan produk pangan. Jakarta. Direktorat Standarisasi Produk Pangan.

Chandra, F. (2010). Formulasi Snack Bar Tinggi Serat Berbasis Tepung Sorgum (Sorghum bicolor L), Tepung Maizena, Dan Tepung Ampas Tahu.

Hermawati, L., Sudrajat, R. W., & Rinihapsari, E. (2016). Teknologi Pembuatan Tepung Ampas Tahu Untuk Produksi Aneka Makanan Bagi Ibu.Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Gunungpati, Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 07, 68–76.

Martos, I. E. and Rupérez, P. 2009. Indigestible fraction of okara from soybean: composition, physicochemical properties and in vitro fermentability by pure cultures of Lactobacillus acidophilus and Bifidobacterium bifidum. Eur Food Res Technol (2009) 228:685–693.

Muntikah, M. R. (2017). Ilmu Teknologi Pangan - Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

PSG. (2017). Hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) Tahun 2017. Direktorat Gizi Masyarakat.

Rian Diana, Indah Yuliana, Ghaida Yasmin, dan H. (2013). Faktor risiko kegemukan pada wanita dewasa indonesia (. 8(1), 1–8.

Skolnik H and Chernus A. Nutrient Timing for Peak Performance (The Rights Food, The Rights Time, The Rights Results). [e-book]. Availablefrom:http://www.humankinetics.com/products/allproducts/nutrient-timing-for- peak-performanceebook.

Yogeswara A, N. W. Nursini, Wita K. (2013) Pemanfaatan Limbah Ampas Susu Kedelai sebagai Bahan Pelindung Probiotok L. acidophilus FNCC 0051 selama di Saluran Cerna In Vitro. Prosiding Seminar UNHI. 2013.

Wijaya, E. N. (2010). Pemanfaatan Tepung Jewawut (Pennisetum glaucum) Dan Tepung Ampas Tahu Dalam Formulasi Snack Bar




DOI: https://doi.org/10.32382/mgp.v27i2.2031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Media Gizi Pangan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Gizi

Office : Jl. Paccerakkang KM. 14 Daya, Makassar, South Sulawesi, 90242  View on Google Maps

Email  :  mediagizipangan@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

    

Flag Counter View My Stats