PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MEDIA POSTER, VIDEO, SERTA KOMIK TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG SARAPAN PADA ANAK SDN MARGAHAYU XIX BEKASI

Almas Barizah Fathaniah, Ratih Kurniasari

Abstract


Tujuh dari sepuluh anak di Indonesia kekurangan gizi sarapan. Pendidikan gizi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan seseorang sedini mungkin.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membandingkan efektivitas pada media poster, video animasi, serta komik digital terhadpa peningkatan pengetahuan tentang pentingnya sarapan pada anak sekolah dasar. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah eksperimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu rancangan tiga grup pre-post test karena penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perlakuan yang diberikan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan uji paired sample t-test untuk membandingkan pengetahuan ketiga kelompok perlakuan dan uji Wilcoxon sign rank test apabila data tidak bersitribusi normal.  Hasil penelitian pada media poster menunjukkan terdapat pengaruh (p=0,001) pemberian media poster terhadap pengetahuan terkait pentingnya sarapan. Hasil penelitian pada media video menunjukkan terdapat pengaruh (p=0,002) pada pemberian media 3D berupa video animasi terhadap pengetahuan terkait pentingnya sarapan pada anak. Hasil penelitian pada media inovasi menunjukkan terdapat pengaruh (p=0,000) pada pemberian media inovasi berupa komik digital terhadap pengetahuan terkait pentingnya sarapan pada anak. Pada ketiga media yang diberikan, media komik paling efektif dibandingan dengan kedua media lainnya.


Keywords


Media Poster, Media Video, Media Komik, Pengetahuan, Sarapan

Full Text:

PDF

References


Anissa Ridha, S. 2019. Peningkatan Pengetahuan Dan Perilaku Sarapan Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Media Video Animasi Motion Graphic. Jurnal Riset Kesehatan, 11 (2): 45-50.

Briawan, D., Ekayanti, I. and Koerniawati, R.D., 2013. Pengaruh media kampanye sarapan sehat terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan kebiasaan sarapan anak sekolah dasar di Kabupaten Bogor. Jurnal Gizi dan Pangan, 8(2), pp.115-122.

Fadhilah, H. 2019. Pengaruh Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas V di SDN 016 Samarinda Sebrang. Borneo Student Research.

Hardiansyah. 2015. “Berbagi PESAN (Pekan Sarapan Nasional)”. Peosiding Seminar Kampanye Berbagi PESAN. Jakarta 2015.

Kusumarini, A. 2018. Pengaruh Media Komik Terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Sayur dan Buah di SD Aisyiyah dan SDN Kalicilik 2 Demak. Jurnal Riset Gizi, 6(2): 46-50.

Marisa, M., & Nuryanto, N. 2013. Pengaruh Pendidikan Gizi Melalui Komik Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pada Siswa Sdn Bendungan Di Semarang. Journal Of Nutrition College, 3(4): 925-932.

Rinita, P. 2019. Pengaruh Pemberian Penyuluhan Gizi Seimbang Melalui Media Poster terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Sikap Anak Sekolah Dasar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) Medan Senemba Kecamatan Tanjung Morawa. Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Medan.

Solehati, T. 2019. Pengaruh Pendidikan Kesehatan “Sarapan Sehat” Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(1).

Susilo, M. 2012. Edukasi Sarapan Sehat Anak Sekolah Melalui Media C-BreakLet (Creative Breakfast Booklet) di Semarang. Sport And Nutrition Journal, 1(2), 53-57.

Zulaekah, S. 2012. Efektivitas pendidikan gizi dengan media booklet terhadap pengetahuan gizi anak sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.32382/mgp.v30i1.2789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Media Gizi Pangan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Gizi

Office : Jl. Paccerakkang KM. 14 Daya, Makassar, South Sulawesi, 90242  View on Google Maps

Email  :  mediagizipangan@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

    

Flag Counter View My Stats