PENYULUHAN GIZI MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN JAJANAN ANAK SEKOLAH DASAR

Abdullah Tamrin, Sunarto Sunarto, Chaerunnimah Chaerunnimah, Siti Hajra

Abstract


Sebagian besar anak sekolah kurang memiliki pengetahuan yang cukup tentang pemilihan jajanan sehingga mempengaruhi sikap dan perilaku mereka. Film animasi cukup populer di kalangan anak usia sekolah karena memberikan materi yang merangsang secara visual yang dapat membantu siswa untuk fokus belajar. Memahami dampak penggunaan film animasi untuk penyuluhan, menilai derajat pengetahuan gizi siswa Sekolah Dasar sebelum dan sesudah penyuluhan, dan meneliti dampak penyuluhan gizi terhadap tingkat pengetahuan tersebut dengan menggunakan media video animasi. Desain penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan one group pretest and posttest design. jumlah siswa yang terdaftar di kelas 4, 5, dan 6. Sampel berjumlah 59 orang. Dengan mengajukan pertanyaan, pengetahuan dapat ditemukan. Tes berpasangan uji-t untuk analisis statistik. Penelitian ini menemukan bahwa kelompok anak usia 11 tahun terdiri dari 28 orang (47,5%), serta sampel berdasarkan kelas mengungkapkan bahwa kelas VI A memiliki sampel terbanyak, yaitu 22 (37,3%), serta sampel berdasarkan jenis kelamin. memiliki paling banyak, dengan 40 (67,3%). Pengetahuan dalam kategori berada pada tingkat yang sama sebelum dan sesudah penyuluhan masing-masing (40,7% dan 88,1%). Berdasarkan analisis statistik, terdapat pengaruh pengetahuan dengan nilai p = 0,000. Penyuluhan berdampak pada seberapa banyak informasi yang dimiliki siswa Sekolah Dasar tentang jajanan melalui media video animasi. Bekerja sama dengan pihak-pihak terkait termasuk Puskesmas, Dinas Kesehatan, dan pedagang makanan, sangat penting untuk mengambil langkah-langkah untuk memperluas kesadaran semua siswa Sekolah Dasar dari sekolah tersebut.

Keywords


Pengetahuan, Video Animasi, dan Penyuluhan

Full Text:

PDF

References


Suzana, V., & Haris, D. (2018). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Makanan Bergizi , Seimbang Dan Aman Bagi Siswa SD 08 Cilandak Barat Jakarta Selatan Tahun 2017. 1(1), 38–42.

Gazaly, M. (2022). Pengaruh Penyuluhan Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Melalui Media Leafleat.

Sumarni, N., Rosidin, U., & Sumarna, U. (2020). Penguatan Kapasitas Siswa Sd Jati Iii Tarogong Dalam Upaya Meningkatkan Kewaspadaan Pada Jajanan Tidak Sehat. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 289. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.28026

Wulandari, N., Mellia, S., & Indrianty, S. (2022). Pengaruh Edukasi Kesehatan Menggunakan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Jajanan Sehat Pada Anak Obesitas. 3(1), 118.

Priawantiputri, W., Rahmat, M., & Purnawan, A. I. (2019). Efektivitas Pendidikan Gizi dengan Media Kartu Edukasi Gizi terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Makanan Jajanan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan,

Saputra, Dahniman, M., Wahyuni, Y., & Rachmanida. (2016). Pengaruh Pemberian Edukasi Gizi Melalui Media Video Dan Leaflet Terhadap Perubahan Konsumsi Buah Dan Sayur Pada Siswa SMP AL Chasanah Tahun 2016. Program Studi Ilmu Gizi, Universitas Esa Unggul. Jakarta.

Harahap, P. R. (2018). Pengaruh Pemberian Penyuluhan Gizi Melalui Media Poster Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Perubahan Sikap Anak Sekolah Dasar Di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (Min) Medan Senemba Kecamatan Tanjung Morawa.




DOI: https://doi.org/10.32382/mgp.v30i1.3288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Media Gizi Pangan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar Jurusan Gizi

Office : Jl. Paccerakkang KM. 14 Daya, Makassar, South Sulawesi, 90242  View on Google Maps

Email  :  mediagizipangan@poltekkes-mks.ac.id

 

INDEXING

    

Flag Counter View My Stats