HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PEMILIHAN PENOLONG PERSALINAN DI WILAYAH PUSKESMAS TOTOLI KABUPATEN MAJENE

Theresia Limbong, I Made Sukarta, Maria Sonda

Abstract


Tingginya AKI di Indonesia dipengaruhi oleh penyebab langsung akibat komplikasi kehamilan, persalinan, dan perdarahan masa nifas serta keterlambatan mengetahui, memutuskan, merujuk dan terlambat mendapatkan pelayanan kesehatan yang adekuat. Indonesia menetapkan target penurunan AKI dengan pendekatan Making Pregnancy Safer (MPS) namun kenyataannya target pencapaian persalinan oleh tenaga kesehatan belum sepenuhnya tercapai. Oleh karena itu dilakukanlah penelitian tentang hubungan pengetahuan dan sikap ibu bersalin dengan pemilihan tenaga penolong persalinan di wilayah Puskesmas Pambong Kabupaten Majene tahun 2012.

Jenis penelitian “Survey Analitik” dengan desain “Cross Sectional Study” dengan uji statistik X2 (Chi-sqaure). Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu melahirkan di Puskesmas Totoli Kabupaten Majene tahun 2012. Pemilihan sampel secara Cluster Random Sampling dengan benar sampai 64 orang.

Hasil analisis bivariat dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan pemilihan tenaga penolong persalinan (analisis pengetahuan ρ = 0,013 < α, analisis sikap ρ = 0,001 < α).

Disarankan kepada setiap ibu hamil yan berkunjung ke tenaga kesehatan diharapkan mendapatkan pendidikan kesehatan yang berkualitas, pelaksanaan kelas ibu hamil, pelaksanaan kemitraan bidan dan dukun, sosialisasi pelyanan gratis sehingga target pertolongan oleh tenaga kesehatan dapat tercapai

Full Text:

PDF

References


Azwar Saifuddin. 2007. Sikap Manusia teori dan Pengukuran. Pustaka Pelajar. Jakarta

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2004. Pedoman Pelayanan Kebidanan Dasar. Jakarta

JNPK-KR. 2008. Asuhan Pelayanan Normal edisi 3. JHPIEGO. Jakarta

Kusmiyati, Wahyuningsi, Sujiyatini. 2008. Perawatan Ibu Bersalin. Fitramaya. Jakarta

Meneteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menkes RI Nomor 1646/MENKES/PER/ X/2010. Tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktek Bidan.

M.Noor Hasnah, 2011. Metodologi Penelitian dan Penyusunan Skripsi. Makassar

Manuaba, 1998. Ilmu kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Cetakan I. EGC. Jakarta

Notoadmodjo Soekidjo. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Rineka Cipta. Jakarta

Prawiroharjo Sarwono. 2006. Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta

Rusnawati. 2009. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Tenaga Penolong Persalinan oleh Ibu Bersalin di Kabupaten Bulukumba. Karya tulis ilmiah tidak diterbitkan. Program Studi Diploma IV Bidan Pendidik, Politeknik Kesehatan Makassar.

Saifuddin, A. B. 2010. Buku Acuan Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Yayasan Bina Pustaka. Jakarta

Saifuddin, A.B. 2010. Ilmu Kebidanan. Edisi 4. Cetakan kedelapan. PT Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo. Jakarta

Sutresman,I. Eveline. 2010. Pelatihan Berdasarkan Kompetensi Asuhan Ibu Hamil (ANC) dan Perencanaan Persalinan. Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK). Makassar.

Wawan, Dewi. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Nuha Medika. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32382/mk.v1i1.934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats