HUBUNGAN ANTARA DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN TINGKAT DEPRESI DAN KUALITAS HIDUP PASIEN DI RSUD DAYA KOTA MAKASSAR

Sitti Aminah, Hartati Hartati, Iqraeni Afirda Abbas

Abstract


ABSTRAK

 Indonesia menempati peingkat ketujuh di dunia, untuk prevelensi penderita diabetes tertinggi di dunia, Depresi merupakan salah satu masalah terbesar gangguan psikologis pada pasien DM tipe 2, dengan prevalensi antara 24% hingga 29%, Apabila pasien sudah depresi, dapat menyebabkan pasien menjadi tidak patuh terhadap instruksi dokter. Jika kadar gula darah tidak terkontrol akan meningkatkan resiko terjadinya komplikasi dan dapat mempengaruh kualitas hidup penderita . Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Antara Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Tingkat Depresi Dan Kualitas Hidup Pasien Di RSUD Daya Kota Makassar. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian Non-Eksperimental yaitu rancangan penelitian korelasional dengan desain penelitian potong lintang ataupun yang disebutkan desain cross-sectional, yaitu jenis penelitian yang menekankan waktu pengukuran/observasi data variabel independen dan dependen hanya satu kali pada satu saat. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode total sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Hasil penelitian setelah dilakukan pemberian kuesioner selama tiga kali dalam sepekan selama tiga pecan, terlihat ada huhungan antara diabetes mellitus tipe 2 dengan tingkatdepresi dengan p=0.011, dan ada hubungan antara diabetes mellitus tipe 2 dengan kualitas hidup p=0.038. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara diabetes mellitus tipe 2 dengan tingkat depresi dan kualitas hidup pasien di RSUD Daya Kota Makassar. 


Keywords


tingkat depresi, kualitas hidup, diabetes mellitus

References


Ekasari, M. F., Riasmini, N. M., & Hartini, T. (2018). Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia Konsep Dan Bebgai Intervensi. Malang: Wineka Media.

Lestari, F. (2018). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong. Tingkat Depresi dan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Melitus berdasarkan usia, pendidikan dan pekerjaan di Wilayah Puskesmas Buayan .

Lestari, T. (2015). Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mujabi, M. f. (2017). Hubungan Kadar Gula Darah Dengan Tingkat Depresi Dan Aktivitas Fisik Pada Penderita Diabetes Melitus Di Puskesmas Gatak Sukoharjo. 21-29.

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta Selatan: Salemba Medika.

(2016). Profil Kesehatan Kota Makassar 2015. Dalam Profil Kesehatan Kota Makassar 2015 (hal. 59). Makassar: Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Makassar.

(2015). Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan 2014. Dalam Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan 2014 (hal. 54). Makassar: Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Shunmugam, P. (2017). Universitas Sumatera Utara Repositori Institusi USU. Hubungan Antara Depresi Dengan Kualitas Hidup Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Puskesmas Amplas Medan .

Siwiutami, F. (2017). Gambaran Kualitas Hidup Pada Penyamdang Diabetes Melitus Di Wilayah Puskesmas Purwosari Surakarta. 1-24.

Siwiutami, F. (2018). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Gambaran Kualitas Hidup Pada Penyandang Diabetes Melitus Di Wilayah Puskesmas Purwosari Surakarta .

World Health Organization. (2016, April 7). Dipetik Februari 10, 2019, dari Diabetes Fakta dan Angka: file:///D:/DM/survey/8-whd2016-diabetes-facts-and-numbers-indonesian.pdf




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v10i2.1041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar



Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id