INTERVENSI TEPID SPONGE PADA ANAK YANG MENGALAMI BRONCHOPNEUMONIA DENGAN MASALAH HIPERTERMI

Muthahharah Muthahharah

Abstract


Latar belakang: Menurut WHO pneumonia merupakan pembunuh balita nomor 1 di dunia.  Indonesia menempati urutan ke delapan di dunia dalam kasus pneumonia dan bronkopneumonia dimana terdapat 3800 anak yang meninggal setiap tahunnya Bronchopneumonia adalah satu peradangan paru yang biasanya menyerang di bronkeoli terminal yang bersifat sekunder disertai infeksi demam. Salah satu intervensi yang dapat dilakukan dalam menurunkan demam dan mengurangi peningkatan suhu tubuh secara mendadak adalah melakukan kompres hangat dengan metode tepid sponge. Tujuan : penulis mampu melaksanakan Asuhan Keperawatan Klien yang mengalami Bronchopneumonia dengan Masalah Hipertermi di ruang perawatan Arafah dengan menggunakan metode tepid sponge. Metode yang digunakan adalah study kasus dengan teknik penyampaian data melalui observasi, wawancara, pemeriksaan fisik dan dokumentasi. Penatalaksanaan tepid sponge 1 kali dalam sehari selama 3 hari perlakuan. Hasil: Pada klien An. “M” dan An. “A”  mengenai riwayat keperawatan untuk status termoregulasi meliputi, keluhan orang tua bahwa anaknya demam, keluarga klien mengatakan badan anaknya teraba hangat, kulit kemerahan, bibir kering dan rewel Keluarga klien mengeluh nafsuh makan anaknya berkurang, dan klien lemah dan sulit tidur dan demam, Intervensi keperawatan yang dilakukan selama 3 hari yaitu : pada masalah klien An. “M’ Dan An. “A” sudah teratasi. Hasil evaluasi kasus yang dilakukan pada klien mengalami Hipertermia menunjukkan bahwa penerapan tepid sponge 1 kali dalam sehari, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan menunjukkan penurunan suhu tubuh klien setelah pemberian, hal ini mmengindikasikan bahwa tepid sponge efektif dilakukan karena dapat membantu dalam menurunkan suhu tubuh klien. Saran : selalu melibatkan orang tua dalam proses asuhan keperawatan pada anak sebagai penatalaksanaan prinsip asuhan keperawatan anak yaitu family center car. dan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan metode, tekhnik analisis dan jumlah sampel yang lebih besar untuk mengetahui keefektifan dari metode tersebut.


Keywords


Bronchopneumonia, Hipertermi, Tepid Sponge

References


Arieswati, Esti Rita Dian. 2016. “Pemberian Water Tepid Sponge Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Pada Asuhan Keperawatan An. Y Dengan Hipertermia Di Ruang Anggrek Rumah Sakit Umum Daerah Kota Salatiga”.

Bulechek, Gloria M., Howard K. Butcher, Joanne M. Dochterman, and Cherlyl M. Wagner. 2016. Nursing Interventions Classification. 6th ed. CV. Mocomedia.

Dewi, Arie Kusumo. 2016. “Perbedaan Penurunan Suhu Tubuh Antara Pemberian Kompres Air Hangat Dengan Tepid Sponge Pada Anak Demam.” Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 1(11):63–71.

Haryani, Siti, Eka Adimayanti, and Ana Puji Astuti. 2018. “Pengaruh Tepid Sponge Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Pada Anak Pra Seolah Yang Mengalami Demam Di RSUD Ungaran Siti.” Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat 7(1).

Herdman, T. Heather and Shigemi Kamitsuru. 2015. Diagnosis Keperawatan Defenisi Dan Klasifikasi. Jakarta: EGC.

Hidayat, A. Aziz Alumul. 2014. Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisa Data. 2nd ed. Jakarta Selatan: Salemba Medika.

Kasmadani Nastiti. 2016. Memperingati Hari Pneumonia Dunia. http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/memperingati-hari pneumonia-dunia-2016.diakses pada tanggal 22 juni 2018.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Data Dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta.

LeMone, Pricilla, Karen M. Burke, and Gerene Bauldoff. 2018. Keperawatan Medikal Bedah. 5th ed. Jakarta: EGC.

Moorhead, Sue, Mario Johnson, Meridean L. Maas, and Elizabeth Swanson. 2016. Nursing Outcome Classification. 5th ed. 2016: CV. Mocomedia.

Nurarif, Amin Huda and Hardhi Kususma. 2016. Asuhan Keperawatan Praktis Berdasarkan Penerapan Diagnosa Nanda,Nic Dan NoC. edited by H. Rahil. jogjakarta: Mediaction Jogja.

Nursalam. 2015. Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta Selatan: Salemba Medika.

Wardiyah, Aryanti, Setiawati, and Umi Romayati. 2016. “Perbandingan Efektivitas Pembeian Kompres Hangat Dan Tepid Sponge Terhadap Penurunan Suhu Tubuh Anak Yang Memgalami Demam Di Ruang Alamanda RSUD Dr . H . Abdul Moloek Provinsi Lampung Tahun 2015.” Kesehatan Holistik 10(1):36–44.

Wijayaningsih, Kartika Sari. 2013. Asuhan Keperawatan Anak. jakarta: CV. Trans Info Media.

Wulandari, Dewi and Meira Erawati. 2016. Buku Ajar Keperawatan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zahroh, Roihatul and Ni’matul Khasanah. 2017. “Efektifitas Pemberian Kompres Air Hangat Dan Tepid Sponge Terhadap Perubahan Suhu Tubuh.” Jurnal Ners Lentera 5(1):33–42.




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v10i2.1328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar



Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id