HUBUNGAN PELAKSANAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PEMBANTU TANJUNG BENOA

Nina Rismawati Hakim

Abstract


Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan tata cara atau tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu. Untuk menjaga konsistensi tingkat penampilan kinerja atau kondisi tertentu dan kemana petugas dan lingkungan dalam melaksanakan sesuatu tugas atau pekerjaan tertentu. Memahami kebutuhan dan keinginan pasien dengan kinerja yang sesuai standar adalah hal yang sangat penting sehingga mempengaruhi kepuasan pasien. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Cross Sectional dengan sampel berjumlah 140 orang yang dipilih melalui teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa lembar kuesioner. Hasil uji menunjukkan Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur terbanyak memiliki kategori tidak baik (64,3%) dan tingkat kepuasan pasien mayoritas tidak puas (62,1%). Uji Spearman Rank menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dari pelaksanaan standar operasional prosedur terhadap kepuasan pasiendi Puskesmas Pembantu Tanjung Benoa (p-value=0,000). Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sumber referensi bagi pendidikan untuk mengembangkan evidence based nursing khususnya mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan.


Keywords


standar operasional prosedur, pelayanan kesehatan, kepuasan pasien

References


Anisza. (2012). Kepuasan Pasien. Eprints.ums.ac.id/21823/3/BAB_II.pdf.Diakses pada tanggal 07 september 2018.

Anoraga. 2009. Psikologi Kepemimpinan, Jakarta, Rieka Cipta.

Dedi. A. 2012. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta. Nuha Medika

Departement Kesehatan RI. (2008). Modul Tot Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jakarta: Departement Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI: 2009

Efendi, Ferry & Makhfud. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Jacobis, Rolando. (2013). Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jamkesmas Di Blu Rsup Prof.Dr. R.D. Kandou Manado. Jurnal. Univesitas Sam Ratulangi. Manado.

Hamdani, A & Lupiyoadi, R (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta

Hayaza, Y.T. (2013) Analisis Kepuasan Paien Terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat Di Puskesmas Surabaya Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.2 No., Februari, pp: 24

Mamik. 2010.Organisasi Dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Dan Kebidanan. Edisi 1.Surabaya: Prins Media Publishing

Notoatmodjo, S. (2010). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2013). Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2016). Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba

Riset Kesehatan Dasar (RisKesDas). (2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2013.

Roymond, H.S (2012) Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Jakarta: EGC

Safrudin (2012). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Upt Puskesmas Gandrungmangu I Kabupaten Cilacap. Jurnal. STIKes Muhammadiyah Gombong.

Sangadji, E. M., & Sopiah, 2013. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Simamora, H.R (2012) Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Jakarta: EGC




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v11i1.1549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id