Asuhan Keperawatan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi pada Pasien Gastritis di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa

sukma saini, Sri Wahyuni Awaluddin, Iwan Sain, Tifa Alfiah Novita

Abstract


Gastritis adalah proses inflamasi pada mukosa dan submukosa lambung atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh faktor iritasi dan infeksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran asuhan keperawatan pemenuhan kebutuhan nutrisi pada pasien gastritis, penelitian ini menggunakan studi kasus metode deskriptif. Desain yang digunakan yaitu studi kasus berupa pendekatan Asuhan Keperawatan yang komprensif. Subjek studi kasus ini berjumlah 3 orang pasien. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ketiga pasien  mengalami gastritis dengan masalah ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh. Penelitan ini diharapkan mampu menjadi pedoman bagi pembaca agar mampu mengetahui sedini  mungkin tentang pentingnya tidak telat makan.

Kata Kunci : Asuhan Keperawatan, Nutrisi, Gastritis

Keywords


Asuhan Keperawatan, Nutrisi, Gastritis

References


Haryono, R. (2012). Keperawatan Medikal Bedah Sistem Pencernaan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Huzaifah, Z. (2017). Hubungan Pengetahuan Tentang Penyebab Gastritis Dengan Perilaku Pencegaha Gastritis. 28-29. journal.umbjm.ac.id/index.php/healthy

Nurarif, A. H., & Kusuma, H. (2015). Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA NIC-NOC. Jogjakarta: MediAction.

Kasron, & Susilawati. (2018). Anatomi Fisiologi Dan Gangguan Sistem Pencernaan. Jakarta: Trans Info Media. Http://jurnal.fk.unand.ac.id

Ratu, A., & Adwan, M. (2013). Penyakit Hati, Lambung, Usus, Dan Ambeien. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rahma, M., Ansar, J., & Rismayanti. (2013). Faktor Resiko Kejadian Gastritis Di Wilayah Kerja Puskesmas Kampili Kabupaten Gowa.

Data Rekam Medic RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa 2018.

Sumaryati, M. (2015). Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Tentang Penyakit Gastritis Di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makassar. 719.

Sani, W., Tina, L., & Jufri, N. N. (2016). Analisis Faktor Kejadian Penyakit Gastritis Pada Petani Nilam Di Wilayah Kerja Puskesmas Tiworo Selatan Kabupaten Muna Barat Desa Kasimpa Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2.

Tussakinah, W., Masrul, & Burhan, I. R. (2017). Hubungan Pola Makan Dan Tingkat Stres Terhadap Kekambuhan Gastritis Di Wilayah Kerja Puskesmas Tarok Kota Payakumbuh. 218.




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v11i1.1614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 sukma saini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id