PENGARUH PEMIJATAN PADA BAYI TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN BAYI

Suntin Suntin

Abstract


Pijat yang dilakukan secara benar dan teratur pada bayi diduga memiliki berbagai keuntungan dalam proses tumbuh kembang bayi. Pijat pada bayi oleh orangtua dapat meningkatkan hubungan emosional antara orangtua dan bayi, juga diduga dapat meningkatkan berat badan bayi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemijatan bayi terhadap kenaikan berat badan bayi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan desain penelitianpra-experimental dengan pretest-posttest design yaitu memberikan pretest (pengamatan awal) pada kelompok kontrol dan intervensi terlebih dahulu sebelum diberikan intervensi, setelah itu diberikan intervensi (terapi pijat bayi), kemudian dilakukan posttest (pengamatan akhir) pada kelompok kontrol dan intervensi. Hasil menunjukkan pada kelompok intervensi dimana 17  bayi berat badan bayi sebelum dilakukan pemijatan nilai median sebesar 5300 gram dan setelah dilakukan pemijatan pada minggu ke 2 dilakukan pengukuran dan hasilnya menunjukkan nilai median sebesar 5900 gram. Sedangkan nilai median perubahan yang terjadi sebesar 0,20 gram. Sebagaimana uji statistik dengan menggunakan Uji Wilcoxon diperoleh nilai sebesar 0,000 (p<0,05), hal ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang bermakna terhadap peningkatan berat badan bayi yang diberikan intervensi pemijatan bayi, pada kelompok kontrol dari 17 bayi yang tidak dilakukan intervensi nilai median sebesar 4000 gram dan setelah minggu ke 2 dilakukan pengukuran kembali menunjukkan nilai median sebesar 3900 gram. Sedangkan nilaimedian perubahan yang terjadi sebesar -0,10 gram. Sebagaimana uji statistik dengan menggunakan Uji Wilcoxon untuk kelompok ini diperoleh nilai sebesar 0,270 (p>0,05) hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perubahan yang bermakna. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh pemijatan bayi terhadap peningkatan berat badan bayi.


Keywords


Pijat bayi, kenaikan berat badan, bayi umur 0 – 6 bulan

References


Aminati, D. (2013). Pijat dan senam untuk bayi dan balita. Yogyakarta: Brilliant Books.D. Y. Gultom, “Efektifitas Pijat Bayi Terhadap Peningkatan Berat Bayi Prematur di Ruang Perinatologi Rumah Sakit Imelda Medan,” vol. 1, no. 1, pp. 27–33, 2015.

Dewi, S. (2013). Pijat dan asupan gizi tepat untuk melejitkan tumbuh kembang anak. Jogjakarta : Pustaka Baru Press.

Dinas Kesehatan Maros. (2010). Maros dalam angka. Maros: Dinas Kesehatan KabupatenMaros.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (2010). Derajat kesehatan di Sulawesi Selatan Tahun 2010. Makassar: DINKES PEMPROV SulawesiSelatan.

I. Susila, “Pengaruh Teknik Pijat Bayi Terhadap Kenaikan Berat Badan Bayi Usia 0-7 Bulan,” vol. 9, no. 2, pp. 14–19,2017

Kalsum. U. (2014). “Peningkatan Berat Badan Bayi Melalui Pemijatan”. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 17 No.1, hal 25 – 29.

Kusmini (2014) Mom Massage. Edited by maulina fildzah Khairani. Semarang: IHCA.

Rahayu, D., Santoso, B. and Yunitasari, E. (2015). “Produksi Asi Ibu dengan Intervensi Acupresure Point Lactation dan Pijet Oksitosin (The Difference in Breastmilk Production between Acupresure Point for Lactation and Oxytocin Massage)‘, jurnal ners. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, 10(1).

Roesli, U., (2001). “Pedoman Pijat Bayi”. Trubus Agriwidya, Jakarta.

Sugiharti, R. K. (2016). Pengaruh Frekuensi Pijat Bayi Terhadap Pertumbuhan (Berat Badan) Bayi Usia 1-3 Bulan Di Desa Karangsari Dan Purbadan. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 7, 41–52. http://www.ojs.akbidylpp.ac.id/index.php/Prada/article/view/140

Soetjiningsih. (2005). Konsep Pertumbuhan Berat Badan: Jakarta.

Tresnayanti. N. (2019). “Efektivitas Pelatihan Pijat Bayi Terhadap Keterampilan Pijat Bayi Pada Ibu Yang Mempunyai Bayi”, vol. III No.1

Ulfa, R. B., & Munir, Z. (2020). Efektifitas Stimulasi Pijat Bayi terhadap Peningkatan Berat Badan Bayi Usia 0-4 Bulan dengan Riwayat BBLR Program Studi Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Nurul Jadid * Email Korespondensi : renybadariyah@gmail.com Abstrak Stimulation Effectivenes. 3(2), 155–162.

Warsini, W. and Nugraini, D. (2016) ‗Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Lama Tidur Bayi Di Desa Duwet Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten‘, Jurnal Ilmu Kesehatan Kosala, 4(1). WHO (2017). France.




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v11i2.1774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Suntin Suntin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id