Metode modeling dalam keberhasilan toilet training pada anak

wahyu tri susanty, Zainal Munir, Kholisotin Kholisotin

Abstract


Berdasarkan penelitian (American Academy of Pediatrics AAP, 2017) mengatakan bahwa tidak semua anak siap untuk melakukan toilet training pada saat berusia 2 tahun, terdapat 4% dari 482 toddler mampu untuk melakukan toilet training pada usia 2 tahun, 22% pada usia 2,5 tahun, 60% pada usia 3 tahun, 88% pada usia 3 ½ tahun serta 2% pada usia 4 tahun, dan diperkirakan jumlah toddler di Indonesia mencapai 40% dari 295 juta jiwa penduduk Indonesia, diperkirakan jumlah balita yang masih susah mengontrol BAB dan BAK sampai usia prasekolah mencapai 75 juta anak. Kejadian anak mengompol lebih besar jumlah persentase anak laki-laki yaitu 60% dan anak perempuan 40%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode modeling terhadap keberhasilan pelaksanaan toilet training pada anak berdasarkan literature review jurnal. Tinjauan literatur ini dicari dengan menggunakan basis data elektronik seperti Google Schoolar. Tinjauan literatur dilakukan pada artikel yang diterbitkan lima tahun terakhir. Kata kunci yang digunakan untuk mencari adalah anak, toilet training, metode modeling. Artikel ilmiah didapatkan sebanyak 25 artikel, kemudian dipilih 20 artikel sesuai dengan yang telah ditetapkan untuk mengkompilasi tinjauan literatur. Studi ini menargetkan untuk mengurangi angka kegagalan toilet training pada anak. Hasil dari telaah literatur ini digunakan untuk menganalisis apakah pengaruh metode modeling terhadap anak. Hasil analisis berbasis literature review jurnal terkait metode modelling penulis berasumsi berdasarkan fakta bahwa anak mengalami peningkatan setelah melihat video, gambar dan contoh tentang toilet training. Proses pembelajaran dengan metode modeling kepada anak merupakan proses peniruan. Kondisi ini menimbulkan motivasi dan keinginan untuk mengikuti model, sehingga responden meniru atau melakukan proses peniruan yang nantinya dapat membantu toddler dalam melakukan toilet training. Dengan menggunakan metode modelling seperti demonstrasi langsung, melalui video ataupun gambar maka akan mempermudah orang tua dalam mengajarkan toilet training pada toddler. Disimpulkan bahwa metode modeling dilakukan dengan cara memberikan edukasi kepada orang tua dan anak dengan cara menampilkan video animasi, gambar, serta mencontohkan tentang pelaksanaan toilet training yang baik dan benar. Strategi atau cara metode modeling secara positif dapat meningkatkan keberhasilan pelaksanaan toilet training pada anak. Hal ini akan berdampak pada kebiasaan toileting anak secara mandiri.


Keywords


Anak; Metode Modeling;Toilet Training

References


Ade, R., Eni, I (2017) Penerapan pendidikan kesehatan dengan modeling video terhadap perilaku ibu dalam melatih toilet training pada anak usia toddler di PMB Widi Utami S.ST Puring Kebumen.

Anis, R.J., Husnul, K., Sri, A.H., Kholisotin., & Abdul, H. (2020) Metode stimulasi dan metode modeling terhadap cara menggosok gigi yang benar pada anak prasekolah. Jurnal Keperawatan Jiwa Vol 8 no 2 Hal 139-146, Mei 2020.

Bradley, D., Clara, Y, Q., Angelika, A., & Dennis W, M. (2014). Using Video Modeling Incorporating Animation to Teach Toileting to Two Children with Autism Spectrum Disorder

Ernawati, N., & Permata, K. (2019). Effectiveness of Toileting Training Mediated With Animated Videos Against To Independence Level of Toileting on Pre-School Children. Journal Of Nursing Practice, 3(1), 102–108. https://doi.org/10.30994/jnp.v3i1.71

Fatmawati, K., Arief, Y. S., & Kurnia, I. D. (2020). Pengaruh pemodelan video animasi terhadap kemampuan ibu dalam mempersiapkan toilet training pada Balita. EurAsian Journal of BioSciences, 14, 1575-.

Hayati, D. J., & Suparno, S. (2020). Efektivitas Buku Cerita Bergambar pada Keberhasilan Toilet Training Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1041. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.498

Indriyani, S., Ibrahim, K., & Wulandari, S. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang berhubungan Toilet Training pada Anak Prasekolah. 2, 146–153.

Jinu K. Rajan. (2019) IEffectiveness of Video Assisted Teaching Programme on Toilet training of toddlers among Parents in a Selected Rural Area in Shimla, Himachal Pradesh, IndiaIndian Journal of Public Health Research & Development, March 2019, Vol.10, No. 3. DOI: 10.5958 / 0976-5506.2019.00547.3

Kartika, U., Mulidah, S., & S, K. G. (2016). Efektivitas teknik oral dan modelling terhadap keberhasilan toilet training pada toddler. Jurnal Keerawatan Sudirman, 11(3), 61–68.

KhalimatusSa’diya, L., Prameswari, V. E., & FaridahHanum, S. M. (2017). Media Pelatihan Toilet Mendukung Kemampuan Kognitif Periode Emas Periode. Jurnal internasional keperawatan dan kebidanan, 1, 5.

Khanif, I., & Endang, P, S. (2016). Teknik modelling terhadap kemampuan toilet training anak cerebral palsy TKLB/D-D1

Kiftiyah, Wardani, R. A., & Rosyidah, N. N. (2019). Pengaruh Metode Demonstrasi Tentang Toilet Training Terhadap Peningkatan Pembelajaran Toilet Training Pada Anak Usia 3 Tahun Di Paud I Desa Sooko Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Nurse and Health: Jurnal Keperawatan, 7(1), 71. https://doi.org/10.36720/nhjk.v7i1.35

Laurie, M., Amarie, & Larah, Meer., Russell, L. (2015). Using a Video Modeling-Based Intervention Package to Toilet Train Two Children with Autism. Journal of Developmental and Physical Disabilities · August 2015

Machmudah. (2017). Implementasi psikoedukasi toilet training melalui demontrasi video dan flash card terhadap peningkatan pengetahuan ibu dan kemampuan toilet training anak toddler di sekolah toddler harapan bunda. Education and Human Development Journal, 2(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v2i1.383

Maghfuroh, L. (2017). Penerapan metode visual auditory dalam peningkatan keberhasilan toilet training pada anak prasekolah. Medical Technology and Public Health Journal, 2, 13.

Martaliana, M., Thamrin., Indri,A (2015). Peningkatan kemampuan penggunaan toilet melalui metode demonstasi pada anak usia 4-5 tahun.

Mida, A, Kustiningsih, (2015). Pengaruh modeling video terhadap perilaku ibu dalam melatih toilet training pada anak usia 1-3 tahun di Dusun Sanggrahan Condor Catur.

Musfiroh, M, (2016). Penyuluhan Terhadap Sikap Ibu Dalam Memberikan Toilet Training Pada Anak. ISSN 1858-1196, Surakarta: Fakultas Kedokteran UNS

Noer., Dera., Ulfa, N (2015) Pengaruh modelling media video terhadap peningkatan kemampuan toilet training pada anak reterdasi mental usial 5-7 tahun SDLB N Semarang.

Nurfajriyani, I., Prabandari, Y., & Lusmilasari, L. (2016). Influence of video modelling to the toileting skill at toddler. International Journal of Community Medicine and Public Health, 3(8), 2029–2034. https://doi.org/10.18203/2394-6040.ijcmph20162540

Patriyani, R. E. H., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Modul Bergambar Terhadap Peningkatan Keberhasilan Toilet Training Anak Toddler Di Puskesmas Sibela Surakarta. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1). https://doi.org/10.37341/interest.v6i1.87

Puspitasari, I., Hartini, S., & Nurullita, U. (2015). Perbedaan Pengaruh Teknik Modelling Video Dan Teknik Bercerita Terhadap Kemampuan Toilet Training Anak Prasekolah Di Tk Islam Terpadu Satria Hasanudin Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 3, 9.

Qurrotul, Rusady, (2017) Gambar keberhasilan metode penerapan toilet training pada anak usia 2-3 tahun di Desa Teja Barat Pamekasan. Jurnal Sakti Bidadari Vol 1

Rahayu, D. M., & Firdaus. (2015). Hubungan peran orang tua dengan kemampuan toilet training pada anak usia toodler di Paud Permata Bunda RW 01 di desa Jati Selatan 1 Sidoarjo.. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(57), 68–75.

Sherly, V.W., & Rini, N.S. (2017). Pengetahuan ibu berhubungan dengan pelaksanaan ttoilet training pada anak usia 3-5 tahun di Paud Islam Cerliana Kota Pekanbaru tahun 2016.

Sintawati, M., & Khusnal, E. (2016). Pengaruh penyuluhan tentang stimulasi toilet training terhadap perilaku dalam toilet training pada ibu yang mempunyai anak toddler di dusun Pundung Nogotirto Gamping Sleman.

Umy, Siti, M., & Girindra, K, S. (2016) Efektifitas teknik oral dan modelling terhadap keberhasilan toilet training pada toddler. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), 11,1.




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v12i1.2114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 wahyu tri susanty, Zainal Munir, Kholisotin Kholisotin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id