PENGALAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PROFESI NERS DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Raiman Parlindungan Situmorang, Evelyn Hemme Tambunan

Abstract


ABSTRACT

Learning structure of the professional ners program is based on clinical practice. However, this could not be fulfilled due to the Covid-19 pandemic where online learning has taken place. This study aimed to explore the professional ners students’ experience of online learning during Covid-19 pandemic. The study design used was descriptive phenomenology to explore the experience of nine participants through in-depth interviews. The participants were selected using purposive sampling with the inclusion criteria: professional ners students who were exposed to online learning, enrolled in second semester 2019/2020 and odd semester 2020/2021 and  over 20 years old. The data were analyzed using qualitative content analysis. There were two categories of experiences that consisted of impeding and promoting experiences. The impeding experience category has 4 sub categories and supporting experience has 6 sub categories. Impeding and supporting experience has become a description of the experience of nurse profession students in online learning. 

ABSTRAK

 Struktur pembelajaran program studi profesi ners didasarkan pada praktik klinis. Namun, hal tersebut tidak dapat terpenuhi karena adanya pandemi Covid-19 dimana pembelajaran online telah berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengalaman mahasiswa profesi ners dalam pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif fenomenologi untuk menggali pengalaman sembilan partisipan melalui wawancara mendalam. Partisipan dipilih secara purposive sampling dengan kriteria inklusi: mahasiswa profesi ners yang terpapar pembelajaran online, terdaftar pada semester II  tahun akademik 2019/2020 dan semester gasal tahun akademik 2020/2021 dan berusia di atas 20 tahun. Analisis data menggunakan analisis isi kualitatif. Terdapat dua kategori pengalaman yang terdiri dari pengalaman yang menghambat dan pengalaman yang mendukung. Kategori pengalaman yang menghambat terdiri dari 4 sub kategori dan pengalaman yang mendukung terdiri dari 6 sub kategori. Pengalaman yang menghambat dan mendukung menjadi gambaran pengalaman mahasiswa profesi ners dalam pembelajaran online.


Keywords


Pengalaman pembelajaran daring, mahasiswa Profesi Ners, pandemi Covid-19

References


Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI), Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia 2015. AIPNI

Angelica,H., Tambunan, E.H. (2021). Stres dan Koping Mahsiswa Keperawatan Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemik Covid-19. Jurnak Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 28-34 Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI). (2015). Draft Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia

Chickering, A.W., and Gamson, Z.F. (1987). Seven principles for good practice in undergraduate education. American Association for Higher Education Bulletin, 3-7

Creswell, J.W. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Fifth Edition. Boston:Pearson

Dermawan, D. (2013). Pengantar Keperawatan Profesional. Yogyakarta:Gosyen Publishing

Gultom, R.F.N., Tambunan, E.H. (2021). Pengalaman mahasiswa program studi pendidikan ners dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Nursing Update, 12(1), 10-21

Harjanto, T., Sumunar, D.S.E.W. (2018). Tantangan dan peluang pembelajaran dalam jaringan: Studi kasus implementasi Elok (E-Learning: Open for knowledge sharing) pada mahasiswa profesi ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5(1), 24-28

Huriah, T. (2018). Metode Student Center Learning:Aplikasi pada Pendidikan Keperawatan. Jakarta: Prenadamedia Group

Iskandar., Masthura, S., Oktaviyana, C. (2020). Penerapan sistem pembelajaran daring pada mahasiswa keperawatan Universitas Abulatama. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 323-332

Lestari, K.P., Siswanto, J., Setyowati, S.E.(2019). Pelatihan instruktur klinik: Metode perseptor dalam pembelajaran klinik di lingkungan dinas kesehatan kota Semarang. Junrka LINK, 15(1), 7-11 Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 155–165. https://jurnal dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129

Jansen, R.S., Leeuwen, A.V., Janssen, J., Jak, S., Kester, L. (2019). Self-regulated learning partially mediated the effect of self-regulated learning interventions achievement in higher education: A meta analysis. Educational Research Review, 28. doi: 10.1016/j.edurev.2019.100292

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikdub) Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Oknisih, N., Wahyuningsih, Y., & Suryoto. (2019). Penggunaan Aplen (aplikasi online ) sebagai upaya kemandirian belajar siswa. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 477–483. Rahmawati., Putri, E.M.I. (2020). Learning From Home dalam perspektif persepsi mahasiswa era pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hadriknas, 17-24

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajran daring di tengah wabah Covid-19. Biodik Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2)

Sudarmanto, E., Purba, R.A., Nur, N.k., Revida, E., Hasibuan, A., Recard, M., Simbolon, I., Chaerul, M., Tambunan, E.H., Saragih, A., Purba, B., Purba, S. (2021). Pengembangan budaya akademik. Indonesia:Yayasan Kita Manulis

Syah, D.Z., Iskandar, R., Riyadi, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kelulusan uji kompetensi mahasiswa profesi ners Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Wacana Kesehatan, 2(2), 180-190

Wikipedia. (2021). COVID-19 pandemic in Indonesia. En.Wikipedia.Org. https://en.wikipedia.org/wiki/COVID- 19_pandemic_in_Indonesia#Daily_cases,_deaths,_and_recoveries

Wiryanto. (2004). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta:PT. Grasindo, 78




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v12i1.2119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Raiman Parlindungan Situmorang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id