PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK RS ISLAM YOGYAKARTA ‘‘PDHI’’

Patria Asda, Yessi Audina

Abstract


Latar Belakang: Pemberian komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh perawat poliklinik bertujuan untuk menjalin hubungan rasa percaya pada pasien, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pasien dan loyalitas terhadap rumah sakit. Loyalitas pasien mencerminkan komitmen psikologis pasien untuk tetap menggunakan jasa layanan kesehatan pada rumah sakit, melakukan pengobatan secara rutin, dan merekomendasikan rumah sakit kepada orang lain. Hasil studi penelitian di poliklinik Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI diperoleh data bahwa pasien yang berobat mendapat rujukan dari puskesmas terdekat, pasien lebih banyak berinteraksi dengan dokter, perawat poliklinik memiliki sikap komunikasi yang baik.

Tujuan: Studi ini bertujuan untuk mengukur hubungan penerapan komunikasi terapeutik dengan loyalitas pasien rawat jalan di RS Islam Yogyakarta PDHI.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan potong lintang. Populasi dalam penelitian ini merupakan jumlah rata-rata pasien rawat jalan kunjungan lama yang berobat di poliklinik Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI selama tahun 2017 yaitu sebanyak 10.183 orang. Sampel di ambil dengan teknik kuota dengan jumlah 100 responden.

Hasil: Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa tidak ditemukan hubungan penerapan komunikasi terapeutik dengan loyalitas pasien rawat jalan di poliklinik Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI dengan Fisher’s Exact Test = 0,339 (X2 > 0,1).

Kesimpulan: Penerapan komunikasi terapeutik tidak berhubungan dengan loyalitas pasien rawat jalan di poliklinik Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI


Keywords


Komunikasi terapeutik, loyalitas, pasien rawat jalan



DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v12i2.2368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Patria Asda, Yessi Audina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id