PENGARUH MEDIA BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP PENINGKATAN GERAK MOTORIK HALUS PADA JARI-JEMARI TANGAN ANAK USIA 5 TAHUN DI TK AR-RUHAMA’ DAN TK PKK MANDIRI DESA PATOKAN KECAMATAN BANTARAN KABUPATEN PROBOLINGGO

Dewi Ramadani

Abstract


Salah satu aspek perkembangan yang sangat penting untuk dikembangkan pada Taman Kanak-kanak adalah kemampuan gerak motorik halus. Gerak motorik halus merupakan gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot kecil (fine muscle) yang berkaitan dengan kegiatan meletakkan atau memegang suatu objek dengan menggunakan jari tangan. Untuk Menganalisis Pengaruh Media Bermain Playdough Terhadap Peningkatan Gerak Motorik Halus Pada Jari-Jemari Tangan Anak Usia 5 Tahun Di TK Ar-Ruhama’ dan TK PKK Mandiri Desa Patokan Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo. 

Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperimental dengan Pre Test And Post Test Control Group Desain. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 responden yang terdiri dari 32 kelompok kontrol dan 32 kelompok intervensi dengan teknik Purposive sampling. Penelitian ini dilakukan selama 4 hari berturut-turut dalam waktu 25 menit dan pengukuran tingkat pencapaian motorik halus menggunakan lembar observasi. Pada kelompok Intervensi sebelum diberikan media bermain playdough terlebih dahulu diberikan pretest, kemudian diberikan posttest, tetapi pada kelompok kontrol tidak diberikan intevensi media bermain playdough. Penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon.Hasil uji statistic pada kelompok intervensi diperoleh nilai p value 0.002 (<0.05) Ha diterima, artinya terdapat pengaruh media bermain playdough terhadap peningkatan gerak motorik halus pada jari-jemari tangan anak usia pra-sekolah (5 tahun). Terdapat Pengaruh Media Bermain Playdough Terhadap Peningkatan Gerak Motorik Halus Pada Anak Usia 5 Tahun Di TK Ar-Ruhama’ dan TK PKK Mandiri Desa Patokan Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo.


References


Asnawati, Perkmbangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil, Jurnal Ilmiah, Vol 4, 2019, h. 134

Azizah, Yesy Nur. 2019. Efektivitas Kegiatan Mozaik dan Bermain Playdough Terhadap Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Pra-sekolah di KB Permata Hati Desa Jogodayuh

Dhita Kris Prasetyanti, S. A. (2017). Pengaruh Permainan Lilin Plastisin Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah. Jurnal Penelitian Keperawatan Vol. 3 (2) Agustus 2017, 124-130.

Fitriani. 2016. Pengaruh Terapi Permainan Media Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah.

Kasenda Mariani G, Sarimin S Dan Obnibala F. 2015. Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Gmim Solafide Kelurahan Uner Kecamatan Kawangkoan Induk Kabupaten Minahasa.Vol 3 No.1.Diakses Pada Tanggal 5 Februari 2019.

Komaria. 2018. Pengaruh Bermain Playdough Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 tahun di TK Kartika Fajar Baru Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.

Nunung Nurjanah, Dkk, 2017. Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah Di Tk At-Taqwa. Jurnal Keperawatan Bsi, Volume V No 2, Pp. 65-73.

Nur Azizah, Yesy.2019. Evektivitas Kegiatan Mozaik dan Bermain Playdough Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Pra-Sekolah di KB Permata Hati.Madiun:2019.

Susanti, M. 2016. Efektivitas Terapi Bermain Play Dough Dan Puzzle Terhadap Tingkat Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Di Paud Dahlia Godong. Diakes Pada Tanggal 12 Januari 2019




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v13i1.2790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dewi Ramadani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id