PENGARUH TERAPI BEKAM BASAH TERHADAP KADAR KOLESTEROL PADA KLIEN DENGAN HIPERKOLESTEROLEMIA DI PUSKESMAS JANGKAR

Handono Fatkhur Rahman, Septi nur Badriah, Vivin Nur Hafifah Hafifah

Abstract


Pendahuluan Hiperkolesterolemia adalah salah satu gangguan kadar lemak dalam darah (dislipidemia) yang mana kadar kolesterol dalam darah lebih dari 240 mg/dl, Hiperkolesterolemia berhubungan erat dengan kadar kolesterol LDL di dalam darah. Penanganan kadar kolesterol yang tinggi menurut perkumpulan endokrin Indonesia mencakup terapi farmakologi dan terapi non farmakologi.Terapi non farmakologi yang biasa dimanfaatkan untuk mengatasi hiperkolesterolemia salah satunya Yaitu dengan terapi bekam.Tujuan Penelitian: untuk Mengidentifikasi  Pengaruh Bekam Basah Terhadap Kadar Kolesterol Pada Klien Dengan Hiperkoleserolemia Di Puskesmas Jangkar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design jenis rancangan ini menggunakan Pre-test Post-test with control grup. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah adalah teknik Total sampling. total populasi yaitu sebanyak 50 responden yang dibagi menjadi 2 yaitu 25 responden pada kelompok intervensi dan 25 responden pada kelompok kontrol. Hasil Penelitian: Diketahui adanya pengaruh terapi bekam basah pada kelompok intervensi Hasil uji analisa menggunakan uji paired sampel t-test menunjukkan P Value = 0,00 P<0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Kesimpulan: Ada pengaruh Terapi Bekam Basah Terhadap Kadar Kolesterol Pada Klien Hiperkolesterolemia sebelum dan sesudah dilakukan intervensi pada kelompok intervensi, dan Tidak terdapat pengaruh Terhadap kadar kolesterol sebelum dan sesudah di lakukan pretest dan posttest pada kelompok kontrol di Puskesmas Jangkar Situbondo

References


Anggraini, R. B., & Nurvinanda, R. 2020. “Skrining Kesehatan Tentang Hipertensi, Kolestrol Dan Diabetes Militus Di Desa Cengkong Abang Kabupaten Bangka.” Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 3(2): 346–51.

Dikki Irma Wiradinata Isnaniar, Wiwik Norlita. 2020. “Pengaruh Terapi Bekam Terhadap Kadar Kolesterol Pasien Hiperkolesterolemia Di Thibbun Nabawi Centre RSIA Zainab Pekanbaru Tahun 2019’.” Jurnal Sains Dan Kesehatan, 10.2: 125–36.

Dinas Kesehatan Provinsi Situbondo’. 2021. “No Title.”

Ellya, and Hasina Chandra, Haryani, Siti Nur. 2021. “Terapi Bekam Berpengaruh Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Dalam Darah Total.” Jurnal Keperawatan 13 (1): 11–18.

Heba Ali Abd El-Ghaffaar, Jehad Khaled Mandour, and Fatma Abed Elkadir Atia. 2020. “Response of Cholesterol to Cupping Therapy in Post- Menopausal Women with Hypercholesterolemia’.” EurAsian Journal of BioScience 14.1: 123–27.

Irawan, H, & Ari, S. (2012). 2012. “Pengaruh Cupping Terapi (Bekam) Terhadap Penurunan Kolesterol.” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala 1: 31–37.

Kemenkes RI. 2017. “Profil Penyakit Tidak Menular ‘PTM.’”

Mahmoud HS and Nabo MMH El Sayed SM. 2013. “Medical and Scientific Bases of Wet Cupping Therapy (Al- Hijamah): In Light of Modern Medicine and Prophetic Medicine.” Alternative and Integrative Medicine 02.05.

Meinisasti, R. 2019. “Perbedaan Kolesterol Sebelum Dan Sesudah Terapi Bekam Basah Di Kota Bengkulu.” Jurnal of Nursing and Public Health, 19-22.

RI, Kemenkes. 2016. “‘PROFIL PENYAKIT TIDAK MENULAR.”

Sri Widodo and Khoiriyah. 2014. “'Efek Terapi Bekam Basah Terhadap Kadar Kolesterol Total Pada Penderita Hiperkolesterolmia Di Klinik Bekam Center Semarang’.” Jurnal Unimus 1.1: 1–6.

World Health Organization. 2019. “The Prevalence of Hypercholesterolemia.”

Zupera Kgs. M. Faizal, Rezka Nurvinanda. 2020. “'Pengaruh Terapi Bekam Terhadap Kadar Kolesterol Di Rumah Sakit Bakti Timah Pangkal Pinang’.” MALAHAYATI NURSING JOURNAL 2: 259–67.




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v14i1.3062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 septi nur badriah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id