PENGALAMAN KINERJA PERAWAT DI KLINIK AZ-ZAINIYAH PONDOK PESANTREN NURUL JADID

Inayah Riski Wulandari Naya

Abstract


Pendahuluan : Pengalaman dapat diartikan sebagai sesuatu yang pernah dialami, dijalani maupun dirasakan, baik sudah lama maupun yang baru saja terjadi. Dan istilah kinerja berasal dari job performance atau actal performance yang artinya prestasi kerja atau prestasi sesungguhnya yang dicapai seseorang. Dapat disimpulkan pengalaman kinerja merupakan tentang suatu pekerjaan yang telah dijalani dan hasil yang dicapai dari pekerjaan tersebut. Kinerja perawat yang diharapkan oleh orang lain terhadap seseorang sesuai dengan kedudukan dalam system, dimana dapat dipengaruhi oleh keadaan social baik dari profesi maupun luar profesi keperawatan yang bersifat konstan. Metode penelitian : Penelitian kualitatif dengan menggunakan metode purposive sampling dengan pendekatan fenomonologi ini bertujuan memperoleh informasi yang mendalam tentang pengalaman kinerja perawat di klinik Az-zainyah. Lima partisipan dipilih berdasarkan kriteria penelitian dan telah tersaturasi. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam dan observasi. Analisa  Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) di pergunakan dalam analisa data. Enam tema teridentifikassi dalam penelitian ini : (1) bekerja dengan ikhlas (2) menjadi perawat kompeten (3) melakukan tindakan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ada di klinik (4) harapan perawat dalam kesembuhan pasien terpenuhi (5) fasilitas terpenuhi sesuai standar klinik (6) keinginan memiliki usaha lain selain bekerja di klinik. Hasil penelitian di dukung dengan fakta bahwa klien melakukan kinerja dengan baik. Diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengalaman kinerja perawat di klinik Az-zainiyah pondok Pesantren Nurul jadid.


Keywords


Pengalaman, Kinerja, Perawat

References


Christensen, P. J. & Kenney, J & W,. 2009. Proses Keperawatan Aplikasi Model Konseptual, 4th edn Jakarta: EGC.

Ciptawan, S S,. 2020. Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan’, 31.2, 26–33

Indrawan, Muhammad Isa, 2017. Pengaruh Etika Kerja, Pengalaman Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kecamatan Binjai Selatan. Journal Abdi Ilmu, 10.2, 1851–58

Karen Maslita. 2017. Gambaran Kinerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang. Skripsi,, 111.

Kemenkes RI, 2020, Profil Kesehatan Indonesia (Jakarta: Kementrian Kessehatan Republik Indonesia).

Badan Statistik Provinsi Jawa Timur. .

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Telah Mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 11 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit.

Nasution, Rike, Rahmi Fahmi, and Emil Huriani. 2019. Analisis Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Perawat Puskesmas Di Kabupaten XYZ Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19.3, 584–89

Pengurus Pusat PPNI, 2005. Standar Kompetensi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Standar Kompetensi Perawat Indonesia, 15, 1–65.

Potter, P.A., & Perry, A.G., 2010. Fundamental Keperawatan Buku, 7th edn. Jakarta: Salemba Medika

Rahmayunia, Imelda, Rr. Tutik Sri Hariyati, and Nelwati, 2018. Kompetensi Perawat Dan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Rawat Jalan. NERS : Jurnal Keperawatan, 14.2, 46–54

Scarbrough, Thomas W. zimmerer dan Norman., 2012. Kewirausahaan Dan Manajemen Bisnis Kecil. Jakarta: Erlangga

Tathagati, Arini, 2014. Step by Step Membuat SOP. Jakarta: Efata Publishig)

Undang-Undang RI No 56 Tahun 2014, Peralatan Rumah Sakit Harus Memenuhi Standar Sesuai Dengan Ketentuan Peraturan Perundang-Undang.

Vaismoradi, Mojtaba, Susanna Tella, Patricia A. Logan, Jayden Khakurel, and Flores Vizcaya-Moreno, 2020. Nurses Adherence to Patient Safety Principles: A Systematic Review’, International Journal of Environmental Research and Public Health, 17.6, 1–15

Wahyudi, Iwan, 2020. Pengalaman Perawat Menjalani Peran Dan Fungsi Perawat Di Puskesmas Kabupaten Garut. Jurnal Sahabat Keperawatan, 2.01, 36–43

Zulkarnain, 2017. Nalisis Pelaksanaan Fungsi Manajemen Pengarahan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapakan Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap RSUD Bima. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1.2




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v14i1.3083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Inayah Riski Wulandari Naya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id