PENGARUH EDUKASI MENSTRUASI DENGAN MEDIA EDUTAINMENT TERHADAP SELF EFFICACY SISWI MENGHADAPI MENARCHE DI SDN POHSANGIT KIDUL 2

Novita Riska Anggraini

Abstract


Pendahuluan: Menarche membuat seseorang mempunyai pola fikir negative seperti ketakutan, gelisah, gugup dan malu ketika menghadapi menarche. Ketakutan dapat terjadi karena adanya faktor kognitif, salah satunya self efficacy yang rendah. Self efficacy yang rendah disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya informasi dari orang tua, teman sebaya dan saudara.Tujuan Penelitian: Untuk menganalisis adanya pengaruh edukasi tentang mentsruasi dengan media edutainment terhadap self efficacy siswi dalam menghadapi menarche di SDN Pohsangit Kidul 2. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan menggunakan rancangan pretest-posttest with control group dan Teknik sampling yang digunakan dalam penilitian ini adalah total sampling sebanyak 60 responden, yaitu 30 kelompok intervensi dan 30 kelompok kontrol. Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji paired T-Test. Hasil Penelitian: Menunjukkan adanya pengaruh edukasi tentang menstruasi dengan media edutainment terhadap self efficacy siswi dalam menghadapi menarche di SDN Pohsangit Kidul 2 Kota Probolinggo pada kelompok intervensi dengan Asymp.Sig 0,000 < α = 0,05 Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah deberikan edukasi menarche dengan media edutainment. Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi tentang menstruasi dengan media edutainment terhadap self efficacy siswi dalam menghadapi menarche di SDN Pohsangit Kidul 2 pada kelompok intervensi.

 

Kata Kunci : Edukasi, Minarche, Self Efficacy


Keywords


101010

References


Bandura, A. (2020). Self efficacy: the exercise of control. New York: W. H. Freeman and Company.

Desi, F. (2019). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Remaja Putri saat Mengalami Menarche di SMP Jaya Krama Kec. Bringin Kab. Serdang.

Dinawati, E. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Menstruasi Terhadap Tingkat Kecemasan Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V SD Negeri 16 Pontianak’, Program Studi Ilmu Keperawatan, 2.Pendidikan Kesehatan terhadap Menarche. 70–74.

Hidayah, N., & Palila, S. (2021). Kesiapan Menghadapi Menarche pada Remaja Putri Prapubertas Ditinjau dari Kelekatan Aman Anak dan Ibu. 5, 107–114. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2021

JELLINEK, E. M. (1954). World Health Organization. Journal of the American Medical Women’s Association, 9(6), 192.

kemenkes. (2020). hubungan tingkat stres terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran online pada masa pandemi covid 19.

Khotimah. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan Menghadapi Menarche Pada Siswi SDN Pangengudang Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. J. Jurnal Komunikasi Kesehatan (Edisi 9), 5(02).

Notoatmodjo. (2014). Ilmu Prilaku Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta.

Novitasari. (2019). Hubungan pengetahuan tentang menstruasi terhadap kesiapan menghadapi menarche pada siswi SDN Asrikaton 1.

Sulistioningsih, E. (2019). Hubungan Kesiapan Menghadapi Menarche dengan Perilaku Vulva Hygiene Remaja Putri di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kebonsari 04 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.

Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter.




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v14i1.3316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novita Riska Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id