PENGARUH SENAM DIABETES TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS ANTARA KOTA MAKASSAR

Hilda Wati, Hamsiah Hamzah, Sukriyadi Sukriyadi

Abstract


Diabetes mellitus merupakan kondisi kronis yang ditandai dengan peningkatan konsentrasi glukosa darah disertai munculnya gejala utama yang khas, yakni urin yang berasa manis dalam jumlah yang besar. Tujuan penelitian ini pengaruh senam diabetes mellitus terhadap penurunan kadar gula darah penderita diabetes mellitus tipe 2. Metode Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi eksperimen yaitu eksperimen yang belum atau tidak memiliki ciri-ciri rangsangan eksperimen yang sebenarnya, dikarenakan variabel-variabel yang seharusnya dikontrol dan dimanipulasi sulit di temukan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan One Group pretest posttest. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik accidental sampling. Accidental sampling yaitu pengambilan sampel secara aksidental (accidental) dengan mengambil kasus atau responden yang kebetulan ada atau tersedia disuatu tempat sesuai dengan konteks penelitian. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 responden.Hasil penelitiannya ada pengaruh senam diabetes terhadap kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 di Puskesmas Antara Kota Makassar pada minggu I (Hari I p=0,014), (Hari II p=0,007), (Hari III p=0,035). Ada pengaruh senam diabetes terhadap kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 di Puskesmas Antara Kota Makassar pada minggu II (Hari I p=0,003), (Hari II p=0,007), (Hari III p=0,020). Kesimpulan rata-rata ada pengaruh senam diabetes terhadap kadar gula darah pada penderita diabetes melitus tipe 2 di Puskesmas Antara Kota Makassar. Saran Dalam penelitian ini dapat memberikan masukan kepada institusi Puskesmas Antara Kota Makassar dapat menurunkan kadar gula darah agar sekiranya selalu memberikan prosedur serta pemahaman senam diabetes setiap hari untuk penderita diabetes sehingga pasien mampu melakukannya dengan baik yang efeknya dapat membantu penyembuhkan penyakitnya.

Kata Kunci : Senam, Diabetes Melitus, Kadar Gula Darah

References


Bilous, R., & Donelly, R. (2014). Buku Pegangan Diabetes. Jakarta: Bumi Medika.

Nuari, N. A. (2017). Strategi Manajemen Edukasi Pasien Diabetes Mellitus. Yogyakarta: Deepublish.

Nugraha, A., Kusnadi, E., & Subagja, S. (2016). Kadar Gula Darah Sebelum dan Sesudah Melaksanakan Senam Diabetes pada Pasien Diabetes Meitus Tipe II. Jurnal Ilmiah Kesehatan .

Salindeho, A., Mulyadi, & Rottie, J. (2016). Pengaruh Senam Diabetes Melitus Terhadap Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Di Sanggar Senam Persadia. ejournal Keperawatan , 4, 2.

Witriyani. (2016). Efektifitas Senam Diabetes Melitus Dalam Menurunkan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Di Wilayah Kerja Puskesmas Kayumas.

Damayanti, S. (2015). Diabetes Mellitus & Penatalaksanaan Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Wijaya, A. S., & Putri, Y. M. (2013). KMB 2 Keperawatan Medikal Bedah (Keperawatan Dewasa). Yogyakarta: Nuha Medika.

Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan . Yogyakarta: Graha Ilmu.

Notoatmodjo, S. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, R. (2016). Pengaruh Senam Terhadap Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Di RSUD Puri Husada Tembilahan .

Maghfuri, A. (2016). Buku Pintar Perawatan Diabetes Mellitus. Jakarta: Salemba Medika.

Sari, R. N. (2012). Diabetes Mellitus. Yogyakarta: Nuha Medika.

Yendi, & Adwiyana. (2014). Pengaruh Latihan Jasmani Senam Diabetes Mellitus Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Mellitus Di Wilayah Kerja Puskesmas Rasimah Ahmad Kota Bukit Tinggi Tahun 2014.

Saryono, & Anggraeni, M. D. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Soegondo, S., Soewondo, P., & Subekti, I. (2015). Penatalaksanaan Diabetes Mellitus Terpadu. Jakarta: Badan Penerbit FKUI.

IDF.(2017).New IDF figures show continued increase in diabetes across the globe, reiterating the need for urgent action. https://www.idf.org/news/94:new-idf-figures-show-continued-increase-in-diabetes-across-the-globe,-reiterating-the-need-for-urgent-action.html. Diaksestanggal 30 Januari 2018

Tarwoto.(2016).Keperawatan Medikal Bedah Sistem Endokrin. Jakarta : Trans Info Media.




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v8i2.557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar



Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id