PENGARUH PENYULUHAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA TENTANG STRATEGI PELAKSANAAN HALUSINASI DI PUSKESMAS MANGASA

Rahman Nasar

Abstract


Keluarga merupakan sistem pendukung utama dalam perawatan pasien jiwa dalam mencegah kekambuhan dan mempercepat rehabilitasi agar dapat kembali produktif. Oleh karenanya dibutuhkan kemampuan strategi tindakan dalam melakukan perawatan di rumah. Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan merupakan alat yang dijadikan sebagai panduan oleh seorang perawat jiwa ketika berinteraksi dengan klien. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh penyuluhan dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan keluarga tentang strategi pelaksanaan tindakan keperawatan jiwa. Penelitian ini dilakukan secara quasy eksperimen dengan desain pretets-postest kelompok kontrol subjek random. Penelitian dilaksanakan di wilayah kerja PKM Mangasa Makassar Sampel dalam penelitian ini diambil secara total samping, yaitu 30 kepala keluarga yang mempunyai anggota keluarga mengalami halusinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap responden setelah dilakukan penyuluhan. Rata-rata skor pengetahuan setelah intervensi 33,53 (95% CI; 32,94 -34,12) dan sikap 13,06 (95% CI; 10,51 – 11,75).  Peneliti menyarankan perlunya pemberian penyuluhan secara berkesinambungan demi meningkatkan pengetahuan dan sikap keluarga mengenai perawatan pasien halusinasi, perlunya melibakan kelompok masyarakat untuk menciptakan support system pada pasien gangguan jiwa, serta perlunya dibentuk kelompok masyarakat sadar kesehatan jiwa sebagai wadah untuk melayani dan melatih keluarga pasien jiwa.


Full Text:

PDF

References


Azwar. (2005). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya (2 ed.). Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Arif (2006). Skizophrenia:Memahami Dinamika Keluarga Pasien. Bandung: Rafika Aditama

Depkes. (1995). Survey Kesehatan Mental Rumah Tangga. Jakarta: Depkes R.I.

Depkes (1997). Petunjuk Pelaksanaan Dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita Bagi Petugas Puskesmas. Jakarta: Depkes RI.

Evans-Lacko, Henderson, Thornocroft. (2013). Public Knowledge, Attitudes adn Behavior Regarding Mental Illness in England 2009-2012. The British Jurnal of Psychiatry. Vol.22 e55,pp s51-57.

Fhitrishia, F. (2008). Peranan Keluarga dalam Proses Pengobatan Pasien Gangguan Jiwa. e-Skripsi Universitas Andalas. Retrieved 25 April 2018, 2018, from http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1748

Fitria, N. (2012). Prinsip Dasar dan Aplikasi Penulisan Laporan Pendahuluan dan Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan (Revisi ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Fontaine, & Cook. (2003). Mental Health Nursing. New Jersey: Prentice Hall.

Friedman, Marilin, M., Bowden, Vicky.R., Jones, & G., E. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset, Teori dan Praktek. Jakarta: EGC.

Hawari (2003). Pendekatan Holistik Pada Gangguan Jiwa Schizophrenia. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Keliat, B. A. (2008). Peran Serta Keluarga dalam Perawatan Klien Gangguan Jiwa. Jakarta: EGC.

Keliat, B. A., Panjaitan, R. U., & Helena, N. (2006). Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Buku Kedokteran: EGC.

Kusumaningtyas (2017) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Jiwa Keluarga Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Kekambuhan Gangguan Jiwa Di Desa Makam Haji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Livyanovitasari, Noorhamdan, Astari. (2017). The Effect Of Supportif Group Therapy on the Burden and Coping Mechanisms in Caring for Family Members Who Suffer Schizophrenia. Nurseline Journal.Vol 2 No.2 November 2017.

Notoatmodjo, S. (2012). Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Yogyakarta: Andi Offset.

Maramis, W.F. (2004). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Airlangga Press: Surabaya

Notoatmodjo, S. (2003). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Stuart, & Laraia. (1995). Buku Saku Keperawatan Jiwa (3 ed.). Jakarta: EGC.

Stuart, G. W., & Sundeen, S. J. (1995). Principle and Practice of Psychiatric Nursing. St. Louis, Missiouri: Mosby Year Book.

Sudiharto (2007). Asuhan Keperawatan Keluarga Dengan Pendekatan Transkultural. Jakarta:EGC

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

Suhita,. Fazrin. (2014). Pengaruh Health Education Tentang Strategi Pelaksanaan Halusinasi Pada Keluarga Terhadap Peran Keluarga DAlam Membantu Klien Schizophrenia Mengontrol Halusinasi Di Kota Kediri. STRADA Jurnal Imiah Kesehatan.2(1).7-13.

Sulia (2002) Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Jakarta:EGC

Supratjitno. (2004). Asuhan Keperawatan Keluarga : Aplikasi dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.

Utami., Marlyn. (2004). Gender dan Keluarga. Jakarta: EGC.




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v10i1.865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar



Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id