PENERAPAN ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA TN. P PADA NY.S YANG MENGALAMI PENYAKIT HIPERTENSI DENGAN MASALAH KEBUTUHAN RASANYAMAN NYERI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANAMBUNGAN MAKASSAR

muhammad purqan nur

Abstract


ABSTRAK

 

Latar Belakang : Kejadian hipertensi yang meningkat setiap tahun mengindikasikan bahwa hipertensi perlu dan harus segera ditangani. Fenomena ini perlu ditangani lebih lanjut, demikian juga angka yang relatif sangat rendah. Apabila Penderita hipertensi, tidak ditangani dengan baik, akan mempunyai risiko besar untuk meninggal karena komplikasi kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan gagal ginjal. Penyakit ini menjadi salah satu masalah utama dalam ranah kesehatan masyarakatdi indonesia maupun dunia

Tujuan : Memperoleh hasil penerapan asuhan keperawatan pada pasien hipertensi dalam pemenuhan kebutuhan rasa yaman nyeri.

Metode: Menggunakan tekhnik wawancara dan observasi  

Hasil  : Bedasarkan hasil pengkajian didapatkan keluhan nyeri pada kepala yang dirasakan seperti tertusuk-tusuk dengan skala nyeri 5, nyeri hilang timbul, setelah dilakukan pemeriksaan tekanan darah didapatkan hasil 160/100 mmHg. Setelah dilakukan pengkajian maka dilakukan skoring untuk menentukan masalah utama, dan diapatkan bahwa masalah utamnya adalah gangguan rasa nyaman nyeri. Intervensi ditentukan berdasarkan masalah kemudian melakukan tindakan keperawatan berdasarkan rencana yang telah ditetapkan. Implementasi dilaksanakan selama tiga hari dan didapat kan hasil pada akhir bahwa klien masih merasakan nyeri namun sudah berkurang dengan skala nyeri ringan (3).

 

Kata kunci : Asuhan Keperawatan Keluarga, Hipertensi, gangguan rasa nyaman nyeri.

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardiansyah, M. (2012). Medikal Bedah Untuk Mahasiswa. Jogjakarta: Diva Press

Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media .

Fadila. (2012). Buku Ajar Keperawatan Keluarga Dilengkapi Aplikasi Kasus Askep Keluarga Terapi Herbal Dan Terapi Modalitas. Yogyakarta: Nuha Medika.

Harmoko. (2012). Asuhan Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Heriana, P. (2014). Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia. Tangeran Selatan: Binapura Aksara.

Mubarak, W. I., Indrawati, L., & Susanto, J. (2015). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta: Salemba Medika.

Nurarif, A. H., & Kusuma, H. (2015). Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA NIC-NOC Jilid 2. Jogjakarta: Mediaction.

Riyadi, S. (2011). Keperawatan Medikal Bedah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saputra, L. (2013). Catatan Ringkas Kebutuhan Dasar Manusia. Tangeran Selatan: Binapura Aksara.

Saryono, & Widianti, A. T. (2011). Catatan Kuliah Kebutuhan Dasar Manusia (KDM). Yogyakarta: Nuha Medika.

Susanto, T. (2012). Buku Ajar Keperawatan Kekuarga Aplikasi Teori Pada Praktik Asuhan Keperawatan Keluarga. Jakarta: CV Trans Info Media.

Utaminingsih, W. R. (2015). Mengenal & Mencegah Penyakit Diabetes, Hipertensi, Jantung dan Strok Untuk Hidup Lebih Berkualitas. Yogyakarta: Media Ilmu.

Wilkinson, J. M. (2016). Diagnosis Keperawatan Diagnosis NANDA-l, Intervensi NIC, Hasil NOC Edisi 10. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Destiara, H. Z., Riris, D.R. (2017). Hubungan Pengetahuan dan Riwayat Hipertensi Dengan Tindakan Pengendalian Tekanan Darah Pada Lansia. Jurnal.Berkala.Epidemolog. Volume.5.Nomor.2.Diakses,dari.https://e journal.unair.ac.id/JBE/article/

Syiddatul, B. (2017). Pengaruh Pemberian Kompres Hangat Jahe Tehadap Skala Nyei Kepala Hipertensi Pada Lansia Di Posyandu Lansia Karang Werdha Rambutan Desa Burneh Bangkalan.Jurnal Kesehatan,Volume.5.No.1.Diakses,dari.https://publikasi.polije.ac.id

M. Isra.K.H.B., Billy. J. K., Mulyadi. (2017) Hubungan Derajat Keluarga Dengan Derajat Hipertensi Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Ranomuut Kota Menado.e-Journal keperawatan (e-KP).volume.5. Nomor.1. diakses.dari.https://media.neliti.com.




DOI: https://doi.org/10.32382/jmk.v8i2.963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar



Mailing Address

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Makassar.

Jl. Monumen Emmi  Saelan 3 Makassar

 Principal Contact

Mardiana Mustafa
Politeknik Kesehatan Makassar
Phone: 08114163970
Email: mardianamustafa@poltekkes-mks.ac.id