PENDIDIKAN KESEHATAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER I TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN PREEKLAMPSIA DI PUSKESMAS BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO

Andi Hasliani, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Preeklampsia dan eklampsia merupakan komplikasi kehamilan berkelanjutan, dengan gejala khas hipertensi, edema dan protein urine. Kondisi ini bisa dicegah sejak awal kehamilan melalui deteksi dini faktor risiko dan upaya promosi kesehatan melalui pendidikan kesehatan tentang upaya-upaya pencegahan preeklampsia yang dilakukan sejak trimester I. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh pendidikan kesehatan pada ibu hamil trimester 1 terhadap upaya pencegahan preeklampsia di Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif analitik dengan studi desain quasi ekspriment dengan  pendekatan the one group pretest-posttest design. Penelitian ini telah dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkala Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto pada bulan Maret sampai Agustus Tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang berada di wilayah kerja Puskesmas dan  terdata di rekam medik, teknik sampling menggunakan accidental sampling dengan besar sampel sebanyak 50 responden. Hasil penelitian ini mejelaskan bahwa ada peningkatan upaya-upaya pencegahan preeklampsia yang dilakukan ibu hamil sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Data yang diperoleh dilakukan uji normalitas data untuk menentukan uji statistik yang digunakan, dari hasil uji normalitas data, menunjukkan data terdistribusi tidak normal sehingga uji yang digunakan adalah uji Wilcoxon dengan nilai p value 0,001 lebih kecil dari nilai α  = 0,05 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan pemberian pendidikan kesehatan terhadap upaya pencegahan preeklampsia di Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto

Keywords


Pencegahan Preeklampsia, Pendidikan Kesehatan

Full Text:

PDF (Full Text)

References


Dainty, 2014. Asuhan Kebidanan Kehamilan. Surabaya : Bina Rupa Aksara Publisher.

Fatkhiyah N., Khodiyah, Masturoh. 2016. Determinan maternal kejadian preeklampsia (Studi kasus di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah). Jurnal Keperawatan Sudirman : Volume 11, No.1, Maret 2016.

Hoelman Dkk, 2016. Susitanable Development Goals-SDGs, Panduan untuk Daerah (Kota dan Kabupaten) dan Pemangku Kepentingan Daerah.

Kurnianingsi I, Suratini, 2017. Pengaruh Penyuluhan Preeklampsia terhadap Motivasi Melakukan Kunjungan ANC pada Ibu Hamil di Puskesmas Banguntapan I Bantul. Program Studi D-IV Kebidanan. Universitas Aisyiyah Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id. Diakses 2 September 2019.

Materi Pelatihan Preeklampsia Update, 2018. Early Detection and risk Management. Penyelenggara Rumah Sakit Universitas Hasanuddin.

Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran, 2016. Diagnosis dan Tata Laksana Pre-eklamsia. Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia. Himpunan Kedokteran Feto Maternal.

Pusyaningrum PE, 2013. Pengaruh Penyuluhan mengenai Preeklampsia terhadap Tingkat Pengetahuan pada Kader Posyandu Kota Semarang. Skripsi Program studi sarjana kedokteran, Univesitas Diponegoro. https://media.neliti.com/media/publications/111730-ID, Diakses 2 September 2019

Sopiyuddin Dahlan, 2014. Pintu Gerbang memahami statistic, metodologi dan epidemologi. Jakarta : Sagung Seto.

Stang, 2014. Cara Praktis Penentuan uji statistic dalam penelitian kesehatan dan kedokteran. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Wiknjosastro, Hanifa, 2010. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v14i2.1112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar



Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.