MEAN ARTERIAL PRESSURE DAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSIA PADA IBU HAMIL DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR

Zulaeha A Amdadi, Afriani Afriani, Fitriati Sabur

Abstract


Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko utama kematian di seluruh dunia. Indonesia merupakan Negara dengan dengan peringkat kelima dalam hal kejadian hipertensi di Kawasan Asia Tenggara yaitu sebanyak 15% dari seluruh penduduk. Hipertensi dalam kehamilan (HDK) mempengaruhi sekitar 10% dari semua perempuan hamil diseluruh dunia. Penyakit dan kondisi ini termasuk preeeklampsia dan eklampsia, hipertensi gestasional dan hipertensi kronik. Salah satu upaya deteksi dini terhadap kejadian preeklampsia pada ibu hamil adalah dengan pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT), Mean Arterial Pressure (MAP). Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara Mean Arterial Pressure dan indeks massa tubuh dengan kejadian preeklampsia pada ibu hamil di RS. Bhayangkara Makassar tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian hybrid yaitu menggabungkan dua metode pendekatan waktu yaitu cross sectional dan cohort prospektif. Populasi penelitian adalah semua ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di RS. Bhayangkara Makassar dengan usia kehamilan > 20 minggu, yang mengalami preeklampsia dan tidak preeklampsia sebanyak 2.160 orang. Metode sampling menggunakan accidental sampling. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengukuran tekanan darah, tinggi badan dan berat badan pada ibu hamil yang datang memeriksakan kehamilannya. Analisa data hasil penelitian dengan analisis univariatbivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan MAP dan IMT dengan kejadian preeklampsia dengan nilai p = 0,00. Disarankan kepada institusi/fasilitas kesehatan untuk untuk mencegah hal terjadinya preeklampsia dan eklampsia pencegahan dini terutama pada kelompok yang berisiko tinggi yang bertujuan untuk mengidentifikasi kemungkinan terjadinya preeklampsia pada wanita hamil sejak awal kehamilan.


Keywords


Mean Arterial Pressure, indeks massa tubuh, preeklampsia

Full Text:

PDF (Full Text)

References


ACOG. 2013. Hypertension in pregnancy. Amerika Serikat

Ardiana, Siti. 2012. Hubungan IMT dengan tekanan darah di Masyarakat Kec. Pakuncen Wirobrajan Yogyakarta. (online) http://digilib.uniayogya.ac.id. Di Akses tanggal 20 November 2018.

Cnossen, J. S. et al. 2008. Accuracy of mean arterial pressure and blood ressure measurements in predicting pre-eclampsia: systematic view and meta-analysis. BMJ (Clinical research ed.)

Cunningham F, G et. al. 2013 Obstetri Williams (William Obstetri). Jakarta:EGC

Fatmawati, dkk. 2017. Pengaruh Pemberian Pisang Ambon terhadap penurunan tekanan darah pada lansia. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah (online). http://download.portalgaruda.org. Diakses 15 November 2018

Firmansyah, dkk. 2017. Faktor-faktor yang berhubungan dengan dukungan keluarga dalam pencegahan primer hipertensi (online). www.jkp.fkep.unpad.ac.id Diakses 10 November 2018.

Hidayat Arif. 2013. Pengaruh terapi oksigen terhadap MAP pada pasien cedera kepala. Fak Ilmu Kesehatan UMP. (online) http://repository.ump.ac.id diakses 10 Oktober 2018.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Pedoman Interpretasi DataKlinik.Availableat: https://www.researchgate.net/profile/Fauna_Herawati/publication/30 3523819_Pedoman_Interpretasi_Data_Klinik/links/5746c1db08ae2 98602fa0bb4/Pedoman-Interpretasi-Data-Klinik.pdfKementrian Kesehatan. 2014. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. doi: 351.770.212 Ind P.

KEMENKES RI. 2013. Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu di Fasilitas Kesehatan Dasar dan Rujukan : Pedoman Bagi Tenaga Kesehatan. Jakarta : WHO, IDI dan IBI.

Kementerian Kesehatan RI. (2015). Profil Kesehatan Indonesia 2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kottke, dkk. 2017. Mean Arterial Pressure Classification: A Better Tool for Statistical Interpretation of Blood Pressure Related Risk Covariates. Cardiology and Angiology: An International Jurnal Article no CA 30255. ISSN 2347-520X (online) http://.sciencedomain.org Diakses 10 November 2018.

Notoatmodjo, S. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oxford University Hospitals. 2014. Pregnancy and Body Mass Indeks (BMI). United Kingdom

Peterson, H. 2010. Genetic Study Of Pre – Eclampsia. Departement Of Bioscience And Butrition Karolinska Institutet, Stockholm, Sweden. Available at:https://openarchive.ki.se/xmlui/bitstream/handle/10616/39596/thesis. pdf?sequence=1.

POGI. 2016. Diagnosis Dan Tata Laksana Pre-Eklamsia. Indonesia (25 September 2017)

Porth, Carol. 2009. Essentials Of Pathophysiology. Edisi 3. Hal 422. USA: Lippincott Williams & Wilkins.

Prawirohardjo S. 2010. Hipertensi Dalam Kehamilan: Ilmu Kebidanan.

Jakarta. Yayasan Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Prawirohardjo Sarwono, S. d. (2010). Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo (Vol. III). (M. S. Prof. dr. Abdul Bari Saifuddin, Penyunt.) Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Sartika. 2017. Faktor-faktor resiko dan angka kejadian hipertensi pada penduduk Palembang. Jurnal ilmu kesehatan masyarakat (online) http://www.jikm.unsri.ac.id Diakses 20 November 2018.

Suprihatin, E. and Norontoko, D. A. 2015. Prediction of Preeclampsia by a Combination of Body Mass Index ( BMI ), Mean Arterial Pressure ( MAP ), and Roll Over Test ( ROT ). Diakses 20 Desember 2018.

WHO. 2014.A Global brief on hypertension silent killer, global public health crisis. Switzerland; WHO

WHO. 2017. Managing complications in pregnancy and childbirth (MCPC) : A Guide for midwives and doctors highlights from the world health organization’s 2017, second edition.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v15i2.1469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.