PENDEKATAN HEALTH EDUCATION TENTANG 1000 HPK TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN STUNTING DI PUSKESMAS TAMALANREA JAYA MAKASSAR

Andi Hasliani, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Stunting adalah sebuah kondisi dimana tinggi badan seseorang ternyata lebih pendek dibanding  tinggi badan orang lain pada umumnya. Kejadian balita stunting (pendek) merupakan masalah gizi utama yang dihadapi Indonesia. Berdasarkan data Pemantauan Status Gizi (PSG) selama tiga tahun terakhir, pendek memiliki prevalensi tertinggi dibandingkan dengan masalah gizi lainnya seperti gizi kurang, kurus, dan gemuk. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya dampak pendekatan Health Education tentang 1000 HPK terhadap Upaya Pencegahan Stunting di Puskesmas Tamalanrea Jaya Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif analitik dengan studi desain quasi ekspriment dengan pendekatan the one group pretest-posttest design. Penelitian ini telah dilaksanakan di Puskesmas Tamalanrea Jaya Makassar bulan Maret sampai dengan September 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester 1 dengan pembatasan kriteria inklusi yang berada di wilayah kerja Puskesmas dan terdata di rekam medik, teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan besaran sampel sebanyak 50 responden yang homogen berdasarkan pertimbangan jumlah populasi. Hasil penelitian diolah menggunakan SPSS, uji normalitas data menunjukkan jika data terdistribusi normal sehingga uji yang digunakan adalah uji t berpasangan dengan hasil nilai sig 0,000 < α 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan signifikan antara upaya pencegahan stunting yang dilakukan ibu hamil sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan  kesehatan tentang 1000 Hari Pertama Kelahiran.


Keywords


Stunting, 1000 HPK, Health Education

Full Text:

PDF (Full Text)

References


Kementrian kesehatan, 2018. Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Percepatan Pencegahan Stunting.

Hudaya KS, 2018. Cegah Stunting itu Penting. Warta Kesmas Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Buchari Lapau, 2013. Metode Penelitian Kesehatan, Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Waliulu SH, Ibrahim D, Umasagi MT, 2018. Pengaruh Edukasi Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Upaya Pencegahan Stunting Anak Usia Balita. http://forikes-ejournal.com/index.php/SF/article/view/sf9407/9407. Diakses 10 September 2020.

Suryagustina, Araya W, Jumielsa, 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pencegahan Stunting Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu di Kelurahan Pahandut Palangka Raya. https://ojs.dinamikakesehatan.unism.ac.id/index.php/dksm/article/view/373/298. Diakses 10 September 2020.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI Infodatin. 2017, Situasi dan Analisis Gizi. Jakarta

Nadimin, Lestari RS, 2019. Peningkatan Nilai Gizi Mikro Kudapan Lokal Melalui Subtitusi Tepung Ikan Gabus untuk Pencegahan Stunting di Sulawesi Selatan. http://journal.poltekkes-mks.ac.id/ojs2/index.php/mediakesehatan/article/view/1021/777 Diakses 10 September 2020.

Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Prilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sopiyuddin Dahlan, 2014. Pintu Gerbang memahami statistic, metodologi dan epidemologi. Sagung Seto : Jakarta.

Stang, 2014. Cara Praktis Penentuan uji statistic dalam penelitian kesehatan dan kedokteran. Mitra Wacana Media. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v15i2.1704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.