PERUBAHAN NYERI DAN RANGE OF MOTION PADA OSTEOARTHRITIS KNEE JOINT

Andi Halimah, Sitti Muthiah

Abstract


Perbedaan pengaruh hold relax dan contrax relax terhadap nyeri dan range of motion pada osteoarthritis knee joint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh hold relax dan contrax relax terhadap nyeri dan range of motion pada osteoarthritis knee joint. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang melibatkan variabel perlakuan yaitu hold relax dan contrax relax, sedangkan variabel respons adalah nyeri dan lingkup gerak sendi lutut. Desain penelitian adalah Quasy experiment dengan desain pretest-post test two group design. Populasi penelitian adalah Pasien osteoarthritis di RSUD Sayang Rakyat Makassar, sampel penelitian adalah pasien osteoarthritis yang dirujuk ke poliklinik fisioterapi yang memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi sebanyak 20 orang, dengan teknik sampling secara purposif sampling dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, masing-masing berjumlah 10 orang. Penelitian ini menggunakan VAS untuk mengukur nyeri sebelum dan sesudah pemberian intervensi 2 kali seminggu selama 4 minggu. Hasil menunjukkan tidak ada perbedaan pengaruh yang bermakna antara hold relax dibanding contract relax terhadap penurunan nyeri dan ROM pada penderita. Keduanya baik digunakan dalam penanganan kondisi nyeri akibat osteoarthritis knee joint.


Full Text:

PDF (Full Text)

References


Adler, S. S., Beckers, D., & Buck, M. (2007). PNF in practice: an illustrated guide. Springer.

Anshar, A., Ahmad, H., & Sudaryanto, S. (2019). Pengaruh Pemberian Interferensi Dengan Ultrasound Pada Penerapan Hold Relax Terhadap Perubahan Nyeri Dan Jarak Gerak Sendi Lutut Pasien Osteoarthritis Di Rumah Sakit Umum Daerah Salewangang Maros. Media Fisioterapi Politeknik Kesehatan Makassar, 11(1).

Basmajian, J. J., & Wolf, S. L. (1992). Therapeutic exercise. Physiotherapy, 78(10), 732.

Hendrik, H., & Awal, M. (2018). Beda efektivitas antara hold relax dan contract relax terhadap penambahan range of motion (rom) sendi lutut akibat osteoarthritis di RS. Bhayangkara. 2-TRIK: TUNAS-TUNAS RISET KESEHATAN, 8(2), 113–119.

Ismunandar, H., Himayani, R., & Oktarlina, R. Z. (2020). Peningkatan Pengetahuan Mengenai Osteoarthritis Lutut Pada Masyarakat Desa Branti Raya Lampung Selatan. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 1–4.

Marlita, L., Saputra, R., & Yamin, M. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemandirian Lansia dalam Melakukan Activity Daily Living (ADL) di UPT PSTW Khusnul Khotimah. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 1(2), 64–68.

Putra, P. H. B., & Wahyuni, S. (2019). Penatalaksanaan Infrared, TENS, Dan Hold Relax Untuk Mengurangi Nyeri Dan Meningkatkan Lingkup Gerak Sendi Lutut Pada Kasus Osteoarthritis Knee Bilateral Di RSUD dr Soeselo Slawi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sidiq, F. M., & Pudjianto, M. (2017). Beda Pengaruh Penambahan Latihan Resisted dan Hold Relax terhadap Nyeri pada Osteoarthritis Lutut. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wulandari, Y., Riyanto, A., & Norlinta, S. N. O. (2019). Perbedaan Pengaruh Modified Hold Relaxed Dan Myofascial Release Technique Terhadap Penurunan Nyeri Osteoarthritis Knee Pada Lansia Di Panti Jompo Budhi Dharma.

Yunus, M. K., Roza, A., & Wahyuni, S. I. (2016). Tingkat pengetahuan keluarga dalam merawat pasien stroke ruang merak ii di rumah Rsud Arifin Achmad Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 1(1), 53–59.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v16i2.2026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Halimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.