Gambaran Faktor Risiko Hipertensi Berdasarkan Derajat Hipertensi Di Puskesmas Samata

wardani wardani, Muh. Akhyar Ahmad

Abstract


  Hipertensi telah menjadi masalah kesehatan yang utama tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskuler yang tergolong penyakit mematikan. Sebanyak 1 miliar orang di dunia atau 1 dari 4 orang dewasa menderita hipertensi. Secara umum faktor risiko hipertensi dibedakan menjadi dua yaitu faktor risiko yang dapat dimodifikasi dan faktor risiko yang tidak dapat diubah. Hipertensi dapat dikendalikan dengan modifikasi gaya hidup yang lebih sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor risiko hipertensi di Puskesmas Samata Kabupaten Gowa. Penelitian dilakukan dengan desain cross sectional yang dilakukan pada 231 responden yaitu pasien hipertensi pada usia 18 sampai > 75 tahun di Puskesmas Samata Kabupaten Gowa, yang diambil secara acak dengan teknik purposive sampling pada bulan Maret 2021. Karakteristik demografi responden dalam penelitian ini pendidikan lulus SMA  dan bekerja sebagai ibu rumah tangga. Faktor risiko tertinggi pre hipertensi ,hipertensi derajat 1 dan derajat 2 adalah kebiasaan makan makanan asin,makanan berlemak,malas melakukan aktifitas fisik/olahraga dan obesitas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran subjek penelitian akan risiko kejadian hipertensi dan faktor risiko hipertensi.

Kata Kunci: Hipertensi, Faktor Risiko Hipertensi


Full Text:

PDF (Full Text)

References


Brown, C.T. 2012. Penyakit Aterosklerotik Koroner. Dalam: Hartanto, H., Maharani, D.A., Susi, N., Wulansari, P. (ed). Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit.Jakarta : EGC.

Korneliani, K., dan Meida, D. 2012. Obesitas dan Stress dengan Kejadian Hipertensi. Jurnal Kesehatan Masyarakat: FIK Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Amira., Sokunbi. 2012. The Prevalence of Obesity and Iits Relationship with Hypertension in an Urban Community: Data from world kidney day screening progamme. Int J Med Biomed Res 1(2): 104-106.

Sugiharto, A. 2007. Faktor-Faktor Risiko Hipertensi Grade II pada Masyarakat (Studi Kasus di Kabupaten Karanganyar). Skripsi: Program Studi Magister Epidemiologi Program Pasca Sarjana UNDIP Semarang.

Martiningsih. 2011. Analisis FaktorFaktor yang Berhubungan dengan Terjadinya Hipertensi Primer pada Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Bima Ditinjau dari Perspektif Keperawatan Self-care Orem. Skripsi: Fakultas Keperawatan UI Jakarta.

Rahayu, H. 2012. Faktor Risiko Hipertensi pada Masyarakat RT 01 Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan. Sripsi: Fakultas Keperawatan UI Jakarta.

Nurhayati., dan Sangadji, N.W. 2013. Hipertensi Pada Pramudi Bus Transjakarta

Jemadi, Rasmaliah, Ujung, A.A. 2012. Karakteristik Pendertia Hipertensi yang Dirawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Sidikalang Tahun 2010-1012. Skripsi: FK USU Medan.

Dawkins, K.D., Gray, H.H., Leatham, A., Morgan, J.M., Simpson, I.A. 2003. Hipertensi Primer. Dalam: Safitri, A. (ed). Kardiologi. Jakarta: Erlangga.

Sherwood, L. 2012. Pembuluh Darah dan Tekanan Darah. Dalam: Darmaniah, N., Hartanto H., Wulandari, N. (ed). Dalam: Fisiologi Manusia: dari Sel ke Sistem. Jakarta: EGC. Gayo dan Lubis Ibnu Nafis 54

Hendraswari, D.E. 2008. Hubungan Beberapa Faktor Risiko Penyebab Hipertensi. Skripsi: FK UI Jakarta.

Guyton, A.C., Hall, J.E. 2012. Peran Ginjal yang Dominan dalam Pengaturan Tekanan Arteri Jangka Panjang dan dalam Hipertensi: Sistem yang Terintegrasi untuk Pengaturan Tekanan.Dalam: Hartanto, H., Novrianti, A., Rachman, L.Y., Wulandari, N. (ed). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Jakarta : EGC.

Laporan Penyakit Hipertensi Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa Tahun 2020

Laporan Posbindu PTM SIPTM Puskesmas Samata Tahun 2020




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v16i2.2122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 wardani wardani, Muh. Akhyar Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.