Implementasi Discharge Planning Dengan Pendekatan Family Centered Nursing Terhadap Motivasi Keluarga Di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin Makassar

Dina Mariana Larira, Kadek Ayu Erika, Rahman Kadir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan discharge planning dengan pendekatan family centered nursing terhadap motivasi keluarga dalam merawat pasien rawat inap di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin. Penelitian ini menggunakan posttest only with control group design dengan teknik “accidental sampling” sebanyak 30 orang dengan menggunakan instrumen (media) lembar discharge planning untuk variabel independen dan lembar kuesioner dan checklist untuk variabel dependen. Uji statistik t independen digunakan untuk melihat perbedaan antara kelompok interval dan kontrol. Hasil penelitian uji t independen diperoleh p=0,786 yang berarti tidak terdapat perbedaan rerata motivasi yang bermakna antara kelompok intervensi yang diberikan discharge planning dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan discharge planning. Meskipun demikian, hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa discharge planning dengan pendekatan family centered nursing mutlak diterapkan sejak hari pertama pasien masuk ke rumah sakit karena pasien membutuhkan perawatan mulai dari pertama masuk ke rumah sakit hingga keluar dari rumah sakit.

Kata Kunci: discharge planning, motivasi keluarga, family centered nursing


Full Text:

PDF (Full Text)

References


Dahlan, S. (2014) Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Edisi 6. Jakarta: Epidemiologi Indonesia.

Kemenkes RI (2012) Buletin jendela data dan informasi kesehatan volume 2.

Lin, P. et al. (2009) ‘To evaluate the effectiveness of a discharge-planning programme for hip fracture patients’, Journal of clinical nursing, pp. 1632–1639. doi: 10.1111/j.1365-2702.2008.02695.x.

Pemila, U. (no date) Konsep discharge planning.

Rahajeng, E. (2011) Upaya pengendalian penyakit tidak menular di Indonesia: Buletin jendela data & informasi kesehatan Volume 2.

Rasyid, A. and Soertidewi, L. (2011) Unit stroke: Manajemen stroke secara komprehensif. 2nd edn. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Riskesdas (2013) ‘RISET KESEHATAN DASAR’. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Rusmita, E. (2010) Model perencanaan pulang yang berbasis teknologi informasi di ruang nifas. Universitas Indonesia. Available at: http://pkko.fik.ui.ac.id/.

Susanti, E. N. (2013) Hubungan karakteristik perawat dengan motivasi perawat dalam pemenuhan kebutuhan kebersihan diri pasien di ruang rawat inap RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso. Universitas Jember.

Swansburg, R. and Swansburg, L. (2001) Pengembangan staf keperawatan: Suatu komponen pengembangan sumber daya manusia. Edited by M. Ester. Jakarta: EGC.

Wurtiningsih, B. (2012) ‘Dukungan keluarga pada pasien stroke di ruang saraf RSUP dr. Kariadi Semarang’, Medica Hospitalia, 1(1), pp. 57–59.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v16i1.2138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dina Mariana Larira, Kadek Ayu Erika, Rahman Kadir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.