Tinjauan Pengetahuan Masyarakat Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap tentang Penggunaan Obat Tradisional

Rusli Rusli, Djuniasti Karim, Agust Dwi Djajanti, Chichi Ramadhani

Abstract


Pengobatan tradisional merupakan bentuk pelayanan pengobatan yang menggunakan cara, alat atau bahan yang tidak termasuk dalam standar pengobatan kedokteran modern dan dipergunakan sebagai alternatif pengobatan. Penggunaan tanaman obat untuk penyembuhan suatu penyakit didasarkan pada pengalaman yang secara turun – temurun yang diwariskan oleh generasi terdahulu kepada generasi berikutnya. Tanaman obat tradisional merupakan suatu komponen penting dalam pengobatan tradisional. Selain lebih ekonomis, efek samping dari obat tradisional sangat kecil. Karena itu, penggunaan obat tradisional dengan formulasi yang tepat sangat penting dan tentunya lebih aman dan efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan masyarakat Kecamatan Panca Rijang terhadap penggunaan obat tradisional

References


Badan Litbang Kesehatan (2010) Laporan hasil riset kesehatan dasar tahun 2010. Jakarta: Badan Litbang Kesehatan.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia (2006). Bahaya Bahan Kimia Obat (BKO) yang Dibubuhkan Kedalam Obat Tradisional (Jamu), Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia., 2000, Pedoman Pelaksanaan Uji Klinik Obat Tradisional, Pengawasan Obat dan Makanan Direktorat Pengawasan Obat Tradisional, Jakarta.

Departemen kesehatan RI. (1994). Keputusan Menteri kesehatan Republik Indonesia Nomor 661/MENKES/SK/SK/VII/1994 tentang persyaratan Obat Tradisional. Jakarta: Departemen kesehatan RI.

Departemen kesehatan RI. (1995). Materia Medika Indonesia, Jilid VI. Jakarta: Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan.

Hairunnisa. 2015. Tanaman Obat Pilihan Masyarakat Di Dusun Likuloe Desa Bontoramba Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa Yang DigunakanSebagai Obat Diare. Poltekkes Makassar. Makassar.

Hutapea, J.R, 2000, Inventaris Tanaman Obat Indonesia (I) Jilid 1, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Harmanto, Ning, Subroto, M. Ahkam, 2007, Pilih Kamu dan Herbal Tanpa Efek Samping, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Menyukaindar EY. 2006. Trend an Paradigma Dunia Farmasi, Industri-Klinik-Teknologi Kesehatan, disampaikan dalam orasi ilmiah Dies Natalis ITB, (diunduh Maret 2018)

Peraturan Menteri Kesehatan No. 007 Tahun 2012 Tentang Registrasi Obat Tradisional. Peraturan Kepala Badan POM RI No. HK.00.05.4.2411 tahun 2004 tentang Ketentuan Pokok Pengelompokan & Penandaan Obat Bahan Alam Indonesia.

Supardi, Sudibyo dan Andi Leny Susyanty, 2007, Penggunaan Obat Tradisional Dalam Upaya Pengobatan Sendiri Di Indonesia (Analisis Data Susenas Tahun 2007), Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem dan Kebijakan Kesehatan, Jakarta.

Tilaar, M., 1998, Pandangan Industri Obat Tradisional Terhadap Penyediaan Simplisia Tanaman Obat dari Hasil Budidaya, Jakarta: Direktorat Pengawasan Obat dan Makanan




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v12i2.246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar



Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.