TINGKAT STRESS PADA REMAJA PUTRI DENGAN KEJADIAN DISMENORE PRIMER DI SMA NEGERI 4 BANTIMURUNG

Afriani Afriani, Sitti Mukarramah, Fitri Rustam

Abstract


Menstruasi merupakan proses fisiologis yang terjadi pada wanita secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi yaitu esterogen dan progesteron. Masalah yang terjadi pada kesehatan reproduksi remaja saat menstruasi salah satunya adalah Dismenore atau nyeri saat menstruasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stress dengan kejadian dismenore primer pada remaja putri di SMA Negeri 4 Bantimurung tahun 2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi yaitu seluruh remaja putri di SMA Negeri 4 Bantimurung berjumlah 487 adapun teknik penarikan sample dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 32 remaja putri dengan menggunakan intrumen penelitian berupa kuesioner intensitas nyeri dan tingkat stress. Hasil penelitian ini menunjukkan 32 remaja putri memiliki intensitas tingkat stress  ringan (71,9 %), sedang (25 %), berat (3,1 %) dengan hasil uji chi-square  sehingga dikatakan ada hubungan antara tingkat stress dengan kejadian dismenore primer pada remaja putri. Sehingga di sarankan untuk petugas kesehatan agar melakukan upaya sosialisasi mengenai kesehatan reproduksi dari segi fisik dan psikologis kepada remaja, terkhusus mengenai dismenore dan kepada peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan cara mengatasi permasalahan nyeri haid atau dismenore dengan mekanisme koping untuk mengatasi stress.


Keywords


Intensitas nyeri, tingkat stress, dismenore primer

Full Text:

Full Article PDF

References


Adilla Hastika Fasha. (2017). Hubungan Usia Menarche, Kebiasaan Olah Raga dan Stress dengan Dismenore pada Siswi SMAN 1 Semarang. Repository Unimus.

Anindita, P., & Darwin, E. (2013). Hubungan Aktivitas Fisik Harian dengan Gangguan Menstruasi pada Mahasiwa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 5 (3), 522-527.

Fitriana, W & Rahmayani. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Dismenore pada Mahasiswi di Akademi Kebidanan Meuligo Meulaboh Tahun 2013. (Skripsi) Diploma IV Kebidanan Stikes U’Budiyah, Banda Aceh.

Handayani D, Julia M. Dismenore dan Kecemasan pada Remaja (tesis). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada; 2012.

Lestari Dewi, S.M.N. 2013. Pengaruh Dismenore Pada Remaja. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha. Skripsi.

Marni. 2013. Perbedaan Antara Relaksasi Dan Kompres Terhadap Penurunan Skala Nyeri Haid (Pada Mahasiswa Di Akper Giri Satria Husada Wonogiri). Program Pascasarjana UNS Solo.

Mulastin. 2013. Hubungan Status Gizi Dengan Kejadian Dismenore Remaja Putri Di SMA Islam Al-Hikmah Jepara. Jepara: Akbid Islam Al-Hikmah. KTI

Musakkar, Fatmawati. 2012. Gambaran Pengetahuan Siswi Kelas I Tentang Dismenorea di SMA Karya Sahari Bulukumba. Bulukumba. Akademi Kebidanan Tahirah Al-Baeti Bulukumba. KTI

Noor, Hasnah & Marhaeni. 2019. Metode Penelitian. Makassar: Unit Penelitian Poltekkes Makassar.

Novak B. Berek & Novak’s Gynecology. 15th ed. Deborah L. Berek M, editor. United States of America; 2012. 866 p.

Nurjanah S. Analisa determinan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang dismenorhea. J SMART Kebidanan. 2018;5(1):83.

Prawirohardjo, Sarwono, 2013. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan PT Bina Pustaka Sarwono.

Priyanti, S & Mustika Sari, D.A. 2014. Hubungan Tingkat Stress terhadap Dismenore pada Remaja Putri di Madrasah Aliyah Mamba’ul Ulum Awang-awang Mojosari Mojokerto. Hospital Majapahit, 6(2)

Rohmatunidha. Tingkat kecemasan remaja putri terhadap dismenorhea pada siswi kelas XI di SMAN 1 Driyorejo Kabupaten Gresik. ADLN Perpust Univ Airlangga. 2016.

Santrock. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa-Hidup. Edisi 13. Jilid 1. Alih Bahasa: Widyasinta Benedictine. Jakarta: Erlangga.

Sherwood, Lauralee. 2014. Kelenjar Endokrin Perifer. Dalam: Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Edisi ke-7. Jakarta: EGC. Hal 773-6.

Teguh Wangsa, GH. W. (2013). Menghadapi stress dan depresi, seni menikmati hidup agar selalu bahagia. Jakarta: Tugu Publisher.

Utami, R.N.A. 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Dismenore pada Remaja Putri di SMAN 1 Kahu Kabupaten Bone.

Utari, N. (2016) Hubungan Antara Status Gizi dengan Kejadian Dismenore Pada Mahasiswi yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Universitas Muhammadiyah Surakarta




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v17i1.2737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Afriani Afriani, Sitti Mukarramah, Fitri Rustam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.