PENERAPAN INTEGRASI HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI POLTEKKES KEMENKES MAKASSAR

Haerani Haerani, Yaumil Fachni Tandjungbulu, Mira Andini

Abstract


 

 

 

ABSTRACT


Integration of research activities and community service into learning is one of the indicators stipulated in BAN-PT Regulation Number 59 of 2018 In accordance with higher education quality standards based on the higher education accreditation instrument (IAPT) and the Study Program accreditation instrument (IAPS) 9 criteria, in particular clearly stated in point C.6.4.c. This type of research is a descriptive observational research with a quantitative descriptive survey method. This study aims to determine the application of the integrity of research results and community service in learning at the Makassar Ministry of Health Polytechnic. The results of the research are the application of integration of research results into learning as many as 105 respondents (91.3%), relevant to the subjects being taught as many as 108 respondents (93.9%) and those who do not integrate as many as 10 respondents (8.7%), do not 7 respondents (6.1%) were relevant to the subjects taught, while 99 respondents (88.09%) applied the integration of community service results, 105 respondents (91.30%) were relevant to the subjects taught and 16 respondents (13.91%) did not integrate, 10 respondents (8.7%) were not relevant to the subjects being taught. It is hoped that all lecturers can integrate the results of research and community service into learning which can improve the quality of learning outcomes.

 

Keywords : Integration, Research, Community Service, Learning

 

ABSTRAK

 

Integrasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kedalam pembelajaran manjadi salah satu indikator yang ditetapkan dalam Peraturan BAN-PT Nomor 59 tahun 2018 Sesuai dengan Standar mutu pendidikan tinggi berdasarkan instrument akreditasi perguruan tinggi (IAPT) dan Instrumen akreditasi Program Studi (IAPS) 9 kriteria, khususnya disebutkan secara jelas pada poin C.6.4.c. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif observasional dengan metode survei deskriptif kuantitatif,. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan integritas hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran di Poltekkes Kemenkes Makassar. Adapun hasil penelitian yaiyu penerapan integrasi hasil penelitian kedalam pembelajaran sebanyak 105 responden (91,3 %), relevan dengan mata kuliah yang diajarkan sebanyak 108 responden (93,9 %) dan yang tidak mengintegrasikan sebanyak 10 responden (8,7 %), tidak relevan dengan mata kuliah yang diajarkan sebanyak 7 responden (6,1 %) sedangan untuk penerapan integrasi hasil pengabdian kepada masyarakat kedalam pembelajaran sebanyak 99 responden (88,09 %), relevan dengan mata kuliah yang diajarkan sebanyak 105 responden (91,30 %) dan yang tidak mengintegrasikan sebanyak 16 responden (13,91 %), tidak relevan dengan mata kuliah yang diajarkan sebanyak 10 responden (8,7 %). Diharapkan semua dosen dapat mengintegrasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kedalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas capaian pembelajaran.

 

Kata Kunci : Integrasi, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, pembelajaran.


Keywords


Integration, Research, Community Service, Learning

Full Text:

Full Article PDF

References


Arif Wiyat Purnomo, 2017. Pedoman Pembelajaran Terintergrasi Penelitian dan Pengadian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Magelang.

Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, 2021, Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Buku Pedoman Penelitian Dosen dan Mahasiswa, 2017. Unit Penelitian Poltekkes Kemenkes Makassar.

Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat Dosen & Mahasiswa, 2018. Unit Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Makassar.

Idris M Noor, 2010. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayan Volume 16 Nomor 3 https://www.researchgate.net/publication/324410937_Penelitian_dan_Pengabdian_Masyarakat_pada_Perguruan_Tinggi/fulltext/5accda6e4585154f3f3f3229/Penelitian-dan-Pengabdian-Masyarakat-pada-Perguruan-Tinggi.pdf.. Di akses 18 Mei 2021.

Matriks Penilaian Laporan Evaluasi Diri dan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi BAN PT Nomor 59 Tahun 2018 tentang Panduan Penyusunan Laporan Evaluasi Diri, Panduan Penyusunan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi, dan Matriks Penilaian dalam Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi.

Osco Parmonangan Sijabat, 2019. Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Terintegrasi Pembelajaran. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas HKBP Nommensen Pe matangsiantar.

Pedoman Intergrasi Tridarma Perguruan Tinggi, 2016. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Peraturan Menteri Riset, Tekonologi, dan Pendidikan Tinggi RI. Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Pusat Penjaminan Mutu. 2022. Standar Integrasi Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat kedalam pembelajaran. Poltekkes Kemenkes Makassar

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2008 tentang Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.32382/medkes.v17i2.3130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Haerani Haerani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published By : Poltekkes Kemenkes Makassar

Office : Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 46 Banta-Bantaeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Email  :  mediakesehatan@poltekkes-mks.ac.id

Crossref Member Badge

Media Kesehatan indexed by :

           

 
Protected By
plagiarismcheckerx.com Protection Badge

VISITOR STATISTICS

View Statistics

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.