Penyuluhan Kandungan Vitamin C Pada Buah Yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pendamping Lansia Desa Sidokare Kabupaten Sidoarjo

Ani Riani Hasana, Wibowo Wibowo

Abstract


Pengkajian awal terhadap keadaaan di lapangan didapatkan permasalahan bahwa tatalaksana pengobatan Covid-19 menunjukkan diperlukannya konsumsi vitamin C hingga tiga kali dalam sehari. Vitamin C ini diduga untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam masa pandemi Covid-19. Salah satu penyebab dari masalah daya tahan tubuh adalah kurangnya pemenuhan antioksidan dalam tubuh, hal ini dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi Vitamin C. Buah-buahan memiliki kandungan vitamin dan mineral. Masing – masing buah tersebut memiliki kandungan gizi yang berbeda dan mampu melengkapi kebutuhan pangan dan gizi yang dibutuhkan seseorang. Namun masyarakat hanya mengenal vitamin C berasal dari jeruk saja. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk pemberian edukasi cara memilih buah-buahan selain jeruk yang mengandung vitamin C, juga mengandung vitamin lainnya yang dapat meningkatkan kekebalan pada masa pandemi Covid-19 terhadap lansia. Pendamping mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan keberfungsian sosial lanjut usia. Peran pendamping dalam meningkatkan keberfungsian sosial lanjut usia dalam program pendampingan dan perawatan sosial lanjut usia di lingkungan keluarga (home care). Anggota PKK adalah salah satu bentuk wadah pendamping yang paling dekat dalam lingkup keluarga. Kegiatan ini dilaksanakan bersama ibu-ibu PKK sebagai pendamping lansia sebanyak 26 orang. Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah perumahan sidokare asri desa Sidokare Kabupaten Sidoarjo mulai bulan Maret hingga Agustus 2020. Hasil dari kegiatan ini menunjukan peningkatan kemampuan ibu-ibu PKK yang ditunjukkan dengan menjawab kuesioner pre-test dan post-test.

Kata Kunci: Lansia, Buah, Vitamin C, Pemberdayaan.


Full Text:

PDF

References


Features, Evaluation and Treatment Coronavirus (COVID-19) [Updated 2020 Apr 6]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2020 Jan

Chen N, Zhou M, Dong X, et al. 2020. Epidemiological and clinical characteriscsof 99 cases of 2019 novel coronavirus pneumonia in Wuhan, China: A descrip ve study. Lancet.;395(10223):507–513.

DKBM. 1999. Daftar Komposisi Bahan Makan. Departemen Kesehatan RI. Jakarta, Indonesia.

Fanzo J, Holmes M, Junega P, Musinguzi E, Smith IF, Ekesa B, Bergamini N. 2011. Improving nutrition with agricultural biodiversity. A manual on implementing food systems field projects to assess and improve dietary diversity, and nutrition and health outcomes. Bioversity International. Rome, Italy.

FAO and FIE. 2016. Minimum dietary diversity for women Minimum. A guide for measurement. Food and Agriculture Organization of the United Nations, Rome, Italy.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. 2020. Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat COVID-19 di Indonesia.

Ikatan Dokter Indonesia dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (IDI & PGI). 2020. Petunjuk Pencegahan Penularan COVID-19 untuk Petugas Kesehatan.

Institute of Nutrition, Mahidol University. 2014. ASEAN Food Composition Database. Electronic version 1. Bangkok, Thailand.

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Maret 2020.

Liani Juliana Kadarwati, Neni Rohaeni, A. (2017). Kesulitan Pendamping dalam Pelayanan Lansia di Balai Perlindungan Sosial Kabupaten Bandung. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(2), 87–93.

Lim TK. 2012. Edible Medicinal and Non-Medicinal Plants. Springer, London/New York.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Angka kecukupan gizi yang dianjurkan bagi bangsa Indonesia. Jakarta, Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta, Indonesia.

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. 2020. Protokol Tatalaksana Pasien COVID-19. Jakarta.

PDPI, PERKI, PAPDI, PERDATIN, IDAI. 2020. Protokol Tatalaksana COVID-19. Ed1.

Tristanto, A. (2020). Dukungan Kesehatan Jiwa Dan Psikososial (Dkjps) Dalam Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pada Masa Pandemi Covid-19. Sosio Informa, 6(2), 205–222. https://doi.org/10.33007/inf.v6i2.2348




DOI: https://doi.org/10.32382/jpk.v2i1.2149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

indexing by

        

 

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats