PENINGKATAN KAPASITAS KADER POSYANDU DALAM MENCEGAH STUNTING MELALUI EDUKASI GIZI BERBASIS MEDIA DI KECAMATAN BIRINGKANAYA DAN MAMAJANG

Rudy Hartono, Mira Andini, Dwi Sartika, Besse Uswatun Hasanah

Abstract


Kekurangan gizi kronis terjadi sejak bayi dalam kandungan hingga usia dua tahun. Ketelitian, pengetahuan dan keterampilan kader posyandu dalam melakukan pengukuran antropometri sangatlah penting, karena hal ini menyangkut dengan pertumbuhan balita. Tujuan umum dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kapasitas kader posyandu dalam mencegah stunting melalui edukasi gizi berbasis media di Kec. Biringkanaya dan Kec. Mamajang. Metode yang digunakan adalah Team Based Learning (TBL) dengan menggunakan media video dan poster. Edukasi gizi diberikan untuk meningkatkan pengetahuan kader tentang pencegahan stunting. Hasil yang diperoleh setelah melakukan penilaian pre dan post test terhadap pengukuran tingkat pengetahuan kader adalah nilai pre test 13,4 dan 16,9 pada post test. Kesimpulan yang dihasilkan terjadi kenaikan tingkat pengetahuan kader sebesar 26% setelah dilakukan edukasi gizi berbasis media.

 

Kata kunci : Kader, Media Pembelajaran, Pengetahuan, Stunting


Full Text:

PDF

References


Arsyad A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Anondo, dodo, 2007. Kualitas Kader Rendah, Peran Posyandu Melemah. Jawa Timur : Infokom Jawa Timur, 4 Februari.

Depkes RI. 2000. Panduan Pelatihan Kader Posyandu. Jakarta : Departemen Kesehatan RI

Handarsari, E., Syamsianah, A., & Astuti, R. 2015. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Kader Posyandu di Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jurnal Kesehatan. Hal: 621-630.

Kemenkes RI. 2012. Buku Pegangan Kader Posyandu. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, 2017. Buku Saku Desa dalam Penanganan Stunting.

Maulana. 2010. Matematikomik sebagai alternatif media dalam proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa [Internet]. [diunduh 2018 Okt 4]. Tersedia pada: http://file.upi.edu.

Mubarak, W.I. 2012. Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsep dan Aplikasi dalam Kebidanan. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Nency, Yetty, dkk. 2005. Gizi Buruk, Ancaman Generasi yang Hilang. Jakarta : PPI Jepang Volume 7 / XVII November 2005

Notoatmodjo, S. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat : Prinsip-prinsip Dasar. Jakarta : PT. Rineka cipta.

Nurainun., Ardiani, F., & Sudaryati, E. 2011. Gambaran Keterampilan Kader dalam Pengukuran BB dan TB berdasarkan Karakteristik Kader di Wilayah Kerja Puskesmas Langsa Timur Provinsi Aceh tahun 2015. Jurnal Gizi. Hal 1-10.

Pengertian Para Ahli, 2018. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Contohnya. Diakses pada : 17 November 2018. Tersedia Pada : http://pengertianparaahli.com/pengertian-media-pembelajaran/

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, 2017. 100 Kabupaten/Kota Prioritas Untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting). Cetakan Pertama, Agustus 2017

Ulijaszek & Deborah, 1999. Anthropometric Measurement Error and The Assesment of Nutritional Status. British Journal of Nutrition, 82.




DOI: https://doi.org/10.32382/mirk.v1i1.1453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.