SOSIALISASI TEKNIK MENYUSUI YANG BAIK DAN BENAR PADA IBU POST PARTUM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MAMAJANG KOTA MAKASSAR

Theresia Limbong, Syaniah Umar, Afriani Afriani, Syintha Ida

Abstract


Menyusui adalah proses pemberian susu pada anak bayi atau anak kecil dengan air susu ibu (ASI) dari payudara ibu. Bayi menggunakan refleks menghisap untuk mendapatkan dan menelan susu. ASI merupakan suatu jenis makanan yang mencukupi seluruh unsur kebutuhan bayi baik fisik, psikologi, social maupun spiritual. ASI mengandung nutrisi, hormone, unsure kekebalan, factor pertumbuhan, anti alergi serta anti inflamasi. Zat-zat anti infeksi yang terkandung dalam ASI membantu melindungi bayi terhadap penyakit, selain itu terdapat hubungan penting antara menyususi dengan penjarangan kehamilan. Tujuan dari kegiatan ini adalah  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang teknik menyusui yang baik dan benar pada ibu post partum di wilayah kerja Puskesmas Mamajang Kota Makassar. Manfaat kegiatan bagi ibu post partum Meningkatkan pengetahuan ibu post partum tentang teknik menyusui yang baik dan benar serta motivasi ibu untuk memberikan ASI eksklusif, dapat memperoleh informasi yang tepat dan update tentang menyusui khususnya bagaimana meningkatkan produksi ASI dan keluarga dapat memberikan bantuan khusus kepada ibu. Subyek yang menjadi khalayak sasaran utama dalam pengabdian masyarakat ini adalah Subyek yang menjadi khalayak sasaran utama dalam pengabdian masyarakat ini adalah Ibu post partum yang berada di wilayah kerja Puskesmas Mamajang. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Nifas dan dilanjutkan kunjungan rumah, untuk membantu ibu-ibu dalam meningkatkan produksi ASI.Hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan menggambarkan bahwa Terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap ibu post partum terhadap teknik menyusui yang baik dan benar. Pada kategori pengetahuan, sebanyak 100% responden dengan pengetahuan baik sedangkan pada kategori sikap sebanyak 92,0% responden dengan sikap baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penyuluhan, demonstrasi/simulasi yang dilakukan kepada ibu post partum di wilayah kerja Puskesmas Mamajang Makassar dapat meningkatan pengetahuan dan keterampilan ibu dalam memberikan ASI kepada bayinya. Diharapkan kepada bidan dan tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas senantiasa memberi penyuluhan dan demonstrasi tentang teknik menyusui yang baik dan benar pada ibu post partum utamanya diawal masa nifas.  

 Kata kunci: Sosialisasi teknik menyusui yang baik dan benar, Ibu post partum.

 

 


Full Text:

Full Text (PDF)

References


Ambarwati, ER., Wulandari, Diah., 2009. Asuhan Kebidanan Nifas. Mitra Cendekia Press, Yogyakarta.

Ancok. 2009. Teknik Penyusunan Skala Pengukur. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Bahiyatun. 2009. Buku ajar asuhan kebidanan nifas normal. EGC. Jakarta.

Blair, T. 2003. Suckling of Lactation Mother.

Http://www.ncbi.nlm.nih.gov/entrez/quory.fcgl?db=pubmed&cdm=search&itol=pubmedabstract.

Cadwell Karin dan Turner Cindy. 2011. Buku Saku Manajemen Laktasi. Penerbit Buku Kedokteran. EGC. Jakarta.

Dian Fitra A & Henny Vidia Effendy. 2017. Hubungan Teknik Menyusui yang Benar Dengan Tingkat Keberhasilan Laktasi di Desa Simongagrok KabupatenMojokerto.file:///C:/Users/HP/AppData/Local/Packages/Microsoft.MicrosoftEdge_8wekyb3d8bbwe/TempState/Downloads/56-96-2-RV%20(1).pdf. Diakses 5 Juni 2018.

Evi Rinata. Teknik Menyusui Posisi, Perlekatan Dan Keefektifan Menghisap - Studi Pada Ibu Menyusui Di Rsud Sidoarjo. https://media.neliti.com/media/publications/169879-ID-teknik-menyusui-posisi-perlekatan-dan-ke.pdf diakses tanggal 1 Maret 2018.

Fikawati, S., Syafiq, A., 2010. Kajian Implementasi Dan Kebijakan Air Susu Ibu Eksklusif Dan Inisiasi Menyusu Dini di Indonesia. Makara kesehatan, vol. 14, (no.1), 17-24.

Iga Mawarni. 2015. Teknik Menyusui yang Baik dan Benar, http://iggamawarni0305.blogspot.co.id/2015/08/makalah-teknik-menyusui.html. diakses tanggal 1 Maret 2018

Indriyani, D. 2006. Pengaruh Menyusui Dini dan Teratur terhadap Produksi ASI pada Ibu Post Partum dengan Sectio Cesarea di RSUD Dr. Soebandi Jember dan Dr. H. Koesnadi Bondowoso. Tesis Depok: FIK UI.

Mardiyaningsih E., 2010. Efektifitas Kombinasi Teknik Marmet Dan Pijat Oksitosin Terhadap Produksi Asi Ibu Post Seksio Sesareadi Rumah Sakit Wilayah Jawa Tengah Tahun 2010.

Maryunani Anik. 2012. Inisiasi Menyusu Dini, ASI Esklusif dan Manajemen Laktasi. Trans Info Media. Jakarta.

Notoatmodjo S(2010). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Pitriani R, Andriyani R. 2014. Panduan lengkap asuhan kebidanan ibu nifas normal (Askeb III). Deepublish. Yogyakarta.

Roesli, Utami dan Yohmi, E. 2009. Manajemen Laktasi. IDAI. Jakarta.

Roesli, Utami. (2010). Mengenal Asi Eksklusif. Jakarta: Trubus A Griwidya.

Roesli, Utami. (2012). Panduan praktis menyusui. Jakarta: Pustaka Bunda Group Puspa Swara.

Soetjiningsih. (2011). Asi petunjuk untuk tenaga kesehatan. Jakarta : EGC.

Syafrudin. 2009. Kebidanan komunitas. EGC. Jakarta.

Syamsul Alam & Sukfitrianty Syahrir. 2016. Faktor-faktor yang berhubungan dengan teknik menyusui pada ibu di puskesmas pattallassang kabupaten takalar. file:///C:/Users/HP/Downloads/Documents/2649-5660-1-SM_2.pdf. Diakses 25 Mei 2018.

Utari, dkk. (2012). Hubungan Tehnik Menyusui Terhadap Keberhasilan Menyusui Pada Ibu Postpartum Di Rumah Bersalin Delima Tembung Medan Tahun 2012. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/37853 Diakses Tanggal 12 September 2018.

Wahyu Triningsih & Binti Yunariyah. 2011. Hubungan Teknik Menyusui dengan kelancaran pengeluaran ASI pada Masa Nifas. https://id.scribd.com/doc/186937788/Jurnal-Hub-Teknik-Menyusui. Diakses 10 Agustus 2018.

Wawan A, Dewi M.. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Jakarta: Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.32382/mirk.v1i2.1495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.