SEX EDUCATION TERHADAP BAHAYA SEX BEBAS PADA REMAJA “WE ARE MILLENIALS GENERATION, SAY NO TO FREE SEX” DI SMPN 21 MAKASSAR

Agustina Ningsi, Nurfadillah Nurfadillah, Nuranisa Vebruani, Ananda Resky Ramadani

Abstract


Masa remaja merupakan suatu tahapan perkembangan manusia dari masa peralihan (anak-anak) ke masa dewasa. Pada masa ini, periode dimana remaja merasakan perasaan yang penuh gejolak dengan berbagai petualangan ataupun pengenalan dari suatu kehidupan. Dalam masa ini perasaan suatu remaja sudah berada dalam tahapan labil yang jika tidak diberikan informasi ataupun pengetahuan yang luas, masa ini bisa berdampak positif dan negatif jika salah arah. Dampak positifnya, remaja lebih aktif dalam melakukan sesuatu hal positif yang dia sukai sehingga menciptakan prestasi, namun dalam sisi negatifnya akibat dari rasa keingin tahuannya yang besar bisa mendorong ke arah negatif seperti penyimpangan sosial seperti melakukan hubungan seksual sebelum menikah yaitu kehamilan yang tidak dikehendaki, penyakit menular seksual dan karena hal tersebut remaja bisa melakukan tindakan abortus. Dalam mencegah perbuatan sosial yang menyimpang bahkan berisiko bagi individu serta masyarakat luas maka perlunya suatu pemberian edukasi,  informasi dan pendidikan dalammembentuk remaja yang terbebas dari penyimpangan sosial serta dapat meraih prestasi dan bisa berguna bagi individu serta masyarakat luas.


Full Text:

Full Article PDF

References


BKKBN Prov. NAD. 2009. Kurikulum dan Modul Pelatihan Pengelolaan Pusat Informasi dan konseling Kesehatan reproduksi remaja (PIK-KKR),Tahun Anggaran 2009, Jakarta. Dianawati, A. 2006. Pendidikan Seks untuk Remaja, Jakarta : Kawan Pustaka.

Kartika, Unoviana. 2014. Pendidikan Seks Untuk Cegah Perilaku Seks Bebas pada Remaja. Kompas.com. Jakarta,

Killingstone, P., & Cornellis, M. 2008. Sex and Love Guide to Teenagers, Jakarta : Prestasi Pustaka.

Luanaigh, P., & Carlson, C. 2008. Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk Mahasiswa Kebidanan, Jakarta: EGC.

Mu’tadin, Zainun. 2013. Pendidikan Seksual pada Remaja. Belajar Psikologi.com. Jakarta.

Sunartiningsih, 2013. Mewaspadai Perilaku Seksual Remaja Kita. http://yogya.bkkbn.go.id.




DOI: https://doi.org/10.32382/mirk.v2i1.1978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.