SOSIALISASI PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI (P4K) UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN TETANGGA DAN MASYARAKAT SEKITAR DALAM RANGKA MENDUKUNG GERAKAN SAYANG IBU

Theresia Limbong, Erika Wanda Puspita, Ayu Agustina, Melyana Malik

Abstract


Abstrak: Program P4K dengan pemasangan stiker, pendataan dan pemantauan ibu hamil dapat dilakuakn secara intensif oleh bidan bersama dengan suami, keluarga, kader, masyarakat, forum peduli KIA, serta pendeteksian dini kejadian komplikasi sehingga melalui pr0gram tersebut diharapkan dapat membantu dalam mempercepat penurunan  angka kematian ibu melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan bagi ibu sehingga melahirkan bayi yang sehat. Berdasarkan data SUPAS 2015, Angka Kematian Ibu telah menurun menjadi 305 / 100.000 kelahiran kesehatan 2015-2019. hidup (MCR, 2018). Sedangkan Angka Kematian Bayi terus mengalami penurunan merupakan 32/1000 kelahiran hidup pada tahun 2012 menjadi 22/1000 kelahiran hidup pada tahun 2015, sehingga hal ini perlu mendapatkan perhatian penuh dan kerja keras. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan dengan melalui P4K masyarakat dapat mengembangkan norma sosial bahwa cara yang  aman untuk menyelamatkan ibu hamil-bersalin-nifas dan bayi baru lahir ialah ke bidan memeriksakan kehamilan, bersalin, perawatan nifas, dan perawatan bayi baru lahir,atau ke tenaga kesehatan terampil di bidang kebidanan, sehingga kelak dapat mencapai dan mewujudkan visi Departemen Kesehatan merupakan “Masyarakat Mandiri untuk Hidup Sehat”. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya kader kesehatan. Luaran yang diharapkan dari pengabdian kepada masyarakat ini ialah diharapkan Masyarakat lebih cermat dalam memperhatikan pengembangan norma sosial cara yang aman untuk menyelamatkan ibu hamil-bersalin-nifas dan bayi baru lahir ialah ke bidan memeriksakan kehamilan, bersalin, perawatan nifas, dan perawatan bayi baru lahir.


Full Text:

Full Article PDF

References


Infodatin. 2014. infodatin (Pusat data dan informasi kementrian kesehatan RI).

Kemenkes RI. 2018. Laporan Kinerja Ditjen Kesehatan Masyarakat Tahun 2017.

Kemenkes RI. 2016. Laporan Tahunan Direktorat Kesehatan Keluarga.

Kemenkes RI. 2013. Buku Saku Pelayanan Kesehatan Ibu di Fasilitas Kesehatan Dasar dan Rujukan.

Profil Kesehatan Kota Makassar. 2015. Profil Kesehatan Kota Makassar.

Prawirohardjo, S. 2016. Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Rahmawati. 2012. Dasar-dasar Kebidanan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

RISKESDAS. 2018. Hasil Utama Riskesdas 2018.

Sarwono Prawirohardjo. 2016. Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

SDGs. 2015. Sustainable Develoment Goals. (online) https://sustainabledevelopment.un.org/sdgs. tanggal diakses 18 November 2018.




DOI: https://doi.org/10.32382/mirk.v2i2.2237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.