UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PENTINGNYA 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMALATE KOTA MAKASSAR

Zulaeha A Amdadi, Afriani Afriani, Fitriati Sabur

Abstract


Pemenuhan gizi yang optimal selama masa 1000 hari pertumbuhan, diperlukan upaya perbaikan gizi sejak ibu hamil, bayi, dan balita, sehingga melahirkan anak yang sehat. Nutrisi yang tepat selama periode 1000 hari ini dapat memberi dampak besar pada kemampuan seorang anak untuk tumbuh, belajar, dan bangkit dari kemiskinan. Dalam skala besar dan jangka panjang, hal ini juga berkontribusi pada kesehatan masyarakat, stabilitas dan kemakmuran suatu Negara. Pendekatan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat adalah peningkatan pengetahuan ibu hamil untuk mencegah gangguan pertumbuhan anak dengan memenuhi kebutuhan gizi sejak hamil. Mengonsumsi tablet tambah darah setidaknya 90 tablet selama masa kehamilan. Anemia pada ibu hamil lebih berbahaya daripada anemia biasa karena bisa menyebabkan bayi lahir prematur dan komplikasi lain saat melahirkan. Rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan atau bidan agar bisa segera ditangani jika terdeteksi adanya masalah pada kehamilan. Ibu disarankan untuk melakukan proses melahirkan di bidan atau dokter terlatih yang memang sudah mengetahui prosedur kelahiran dan bagaimana cara mengatasi komplikasi yang mungkin dapat muncul saat proses kelahiran bayi. Sasaran adalah ibu hamil yang berada di Wilayah kerja Puskesmas Tamalate Makassar. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab. Hasil yang dicapai adalah meningkatnya pengetahuan ibuhamil tentang pentingnya 1000 hari pertama kehidupan, meningkatnya kepedulian ibu hamil untuk memantau kesehatannya dengan melakukan pemeriksaan kehamilan pada bidan secara rutin di Puskesmas Tamalate Makassar, meningkatnya pengetahuan ibu dalam memperbaiki status gizi ibu selama kehamilan untuk persiapan persalinan dan menyusui dengan menggunakan alat bantu yaitu kipas tangan modifikasi.


Full Text:

Full Article PDF

References


Woods L. Seven key reasons why the first 1000 days are critical. Available at: URL: http://www.everychildcounts.org.nz/resources/seven-reasons/. Accessed July 15, 2019.

1000 hari pertumbuhan yang menentukan. In. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia;2014.

UNICEF Indonesia. Ringkasan Kajian Kesehatan Ibu dan Anak. Available at: URL: www.unicef.org. Accessed Juli 17,2019.

Litbangkes RI. Laporan Riset Kesehatan Dasar. In. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI;2014.

Litbangkes RI. Laporan Riset Kesehatan Dasar. In. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI;2018.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). Laporan Pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium di Indonesia 2010. In. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional;2010.

Kemenkes RI. (2012). Penuhi Kebutuhan Gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). 1000 Hari Pertumbuhan yang Menentukan.Jakarta

BAPPENAS. (2012). Laporan Pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium di Indonesia 2012. Jakarta: Kementerian Perencanaan PembangunanNasional.

The 1000 Days Partnership. Why 1000 days. Available at: URL: http://www.thousanddays.org. Accessed July 15,2019.

WorldHealthOrganization.AnalisisLanskapKajianNegaraIndonesia.Available at: URL: www.who.int. Accessed Juli 20, 2019.

Mutiara Ramadhan, 2017. Hubungan Pengetahuan 1000 Hari Pertama Kehidupan Dan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam MengonsumsiTabletFe.UniversitasAirLangga.http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62175. Diakses 19 Juli2019.




DOI: https://doi.org/10.32382/mirk.v3i1.2613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.