SOSIALISASI PENGGUNAAN CELEMEK MENYUSUI SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI ASI EKSKLUSIF PADA IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CENDRAWASIH KOTA MAKASSAR

Subriah Subriah, Nurjaya Nurjaya, Agustina Ningsi, Muhasidah Muhasidah

Abstract


Abstrak. ASI merupakan sumber gizi yang sangat ideal dengan komposisi yang seimbang. ASI mengandung kolostrum yang kaya akan antibodi karena mengandung protein untuk daya tahan tubuh dan pembunuh kuman dalam jumlah tinggi.

Salah satu penyebab rendahnya pemberian ASI di Indonesia adalah kurangnya pengetahuan ibu hamil, keluarga dan masyarakat akan pentingnya ASI.

Untuk itu, sebagai bentuk dukungan optimalisasi pemberian ASI Eksklusif diperlukan sosialisasi tentang penggunaan celemek menyusui kepada ibu. Sehingga ibu dapat tetap memberikan ASI eksklusif secara on demand tanpa harus kesulitan mencari waktu dan tempat untuk menyusui.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode yang akan dilakukan adalah Analisa situasi masyarakat dengan menentukan khalayak sasaran yaitu :Ibu hamil, Keluarga, Kader, menentukan bidang permasalahan yang akan dianalisis yaitu pada masalah penggunaan celemek menyusui sebagai upaya optimalisasi pemberian ASI Eksklusif. Adapun tujuan kerja pengabdian masyarakat ini adalah Meningkatnya cakupan ASI Eksklusif, Pengetahuan tentang ASI Eksklusif, Memberikan solusi agar ibu dapat menyusui secara on demand tanpa harus kesulitan mencari waktu dan tempat untuk menyusui (mengajarkan ibu menggunakan celemek menyusui), Keluarga dan masyarakat berpartisipasi dalam mendukung ASI Eksklusif, Ibu dan janin/bayi sehat.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di beberapa Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Cendrawasih  Kota Makassar sebanyak 4 kali yang diikuti oleh 75 ibu menyusui sebagai khalayak sasaran, kegiatan penyuluhan dan sosialisasi ini disambut sangat antusias oleh Bidan, Kader dan Ibu Menyusui.

 

Kata Kunci : ASI Eksklusif, Celemek Menyusui

 


Full Text:

Full Article

References


Astutik, Yuli R, 2015, Asuhan Kebidanan Masa Nifas dan Menyusui. Trans Info Media. Jakarta

Departemen Kesehatan. (2011). Banyak Sekali Manfaat ASI Bagi Bayi dan Ibu. Depkes, 2011. Diakses tanggal 30 Januari 2019

Dinas Kesehatan Kota Makassar, 2015, Profil Kesehatan Kota Makassar, (Online).http://dinkeskotamakassar.com. Diakses tanggal 30 Januari 2019)

Moody JCS, 2010, Menyusui, Penerbit Arcan: Jakarta

Proverawati A, dkk, 2010, ASI dan Menyusui, Duha Medika: Yogyakarta

Roesli, Utami, 2010, Mengenal ASI Eksklusif. Trubus Agriwidya, Anggota IKAPI. Jakarta

Susanti, Niluh Ayu S, 2016, Pengalaman Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu yang Mempunyai Beban Kerja Ganda, (Online). https://sinta.unud.ac.id. Diakses tanggal 30 Januari 2019

Sundari. 2018. Pengetahuan Meningkatkan Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu di Makasssar. Universitas Muslim Indonesia

Widuru Hesti, 2013, Cara mengelola ASI Eksklusif bagi ibu, Pustaka Baru: Yogyakarta

World Health Organization (WHO), 2012, Infant and Young Child Feeding.

World health Organization, 2017

Yuliarti, Nuherti, 2015, Keajaiban ASI. C.V. Andi Offset. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.32382/mirk.v4i1.2623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.