PELATIHAN DAN PRAKTIK PEMBUATAN ES KRIM TRADISIONAL DENGAN PENAMBAHAN KACANG MERAH DAN PEPAYA PADA IBU BALITA GIZI KURANG DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUDIANG RAYA MAKASSAR

Lydia Fanny Fanny, Thresia Dewi Kartini B., Hijrah Asikin Asikin

Abstract


Es krim adalah makanan semi padat yang terbuat dari susu, lemak, gula atau tanpa bahan tambahan lain. Beberapa fakta menyebutkan bahwa es krim memiliki nilai gizi yang tinggi tergantung pada kualitas bahan bakunya sehingga bahan baku yang digunakan perlu diketahui dengan pasti. Umumnya es krim mempunyai nilai gizi yang tinggi terutama protein dan lemak kerena bahan utama adalah susu. Santan kelapa sebagai bahan baku es krim tradisional mempunyai kadar lemak yang tinggi, kadar lemak menjadikan es krim lembut dan berkualitas. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberi pelatihan dengan memberi informasi/pengetahuan dan praktik pembuatan es krim tradisional dengan penambahan kacang merah dan pepaya pada ibu balita gizi kurang di wilayah kerja Puskesmas Sudiang Raya Makassar. Metode yang digunakan yaitu tahap pertama mempersiapkan materi pelatihan bersama tim pengabdian masyarakat dan mitra tenaga gizi Puskesmas Sudiang Raya serta mengumpulkan ibu balita gizi kurang, tahap kedua memberi pelatihan dengan memberi informasi/pengetahuan dan praktik pembuatan es krim tradisional dengan penambahan kacang merah dan pepaya pada ibu balita gizi kurang di wilayah kerja Puskesmas Sudiang Raya Makassar dan tahap ketiga mengevaluasi pembuatan es krim tradisional dengan kombinasi kacang merah dan pepaya yang dilakukan ibu balita gizi kurang. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta mencapai 4,25% setelah mengikuti kegiatan pengabmas ini (pre-test 92,25% dan post-test 96,5%). Peserta 100% dapat membuat es krim tradisional dengan penambahan kacang merah dan pepaya. Peserta antusias mengembangkan produk es krim ini untuk dikonsumsi keluarga. Pemantauan dan pendampingan praktik mandiri yang dilakukan peserta dengan mengumpulkan bukti proses dan produk es krim melalui grup whatsapp.  Peserta juga dibekali video pembuatan es krim tradisional di link: https://youtu.be/PwShmOvfg8o dan juga modul yang sudah mendapatkan Surat Pencatatan Ciptaan dengan nomor EC00202241674, tanggal 4 Juli 2022. Kesimpulannya adalah kegiatan ini memberi dampak berupa ada peningkatan pengetahuan peserta setelah mendapat pelatihan dan peserta mampu membuat es krim tradisional dengan penambahan kacang merah dan papaya.


Full Text:

Full Article PDF

References


Anwar M. Koyo, Umbang Arif Rokhayati dan Agus Bahar Rachman. (2016) ‘Tingkat Penggunaan Santan Kelapa Dan Tepung Ubi Hutan (Dioscorea hispida dennts) Pada Pembuatan Es Krim’, Media Agrosains, 2(01), pp. 16–24.

Astawan, M. (2009) Panduan Karbohidrat Terlengkap. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Hanum, F. (2005) ‘Kondisi Optimum Pada Hidrolisis Pektin Dari Kulit Buah Pepaya’, Jurnal System Teknik Industri, 6(3).

Jariyah, Sri Djajati, dan Anugerah Dany Priyanto. (2021) ‘Es Puter, Es Krim, Buah Mangrove, Gunung Anyar, Pengabdian Masyarakat’, LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), pp. 266–271. Available at: http://logista.fateta.unand.ac.id/index.php/logista/article/view/360.

Malaka (2010) Pengantar Teknologi Susu. Makassar: Masagena Press.

Rachmah Laksmi Ambardini, BM Wara Kushartanti, Rita Eka Izzati, dan Tutiek Rahayu. (2021) ‘Pemberdayaan Kader Posyandu Melalui Model Three Level Marketing Menuju Lansia Sehat dan Mandiri’, J. Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 5(2), pp. 83–89.

Kemenkes RI. (2017) Tabel Komposisi Pangan Indonesia.

Sudarmayasa, I Wayan, Krishna Anugrah, dan Kristian Triatmaja Raharja. (2020) ‘Pelatihan Es Krim Sehat dan Bergizi Bagi Ibu-Ibu PKK untuk Meningkatkan Nilai Gizi Keluarga Serta Peluang Wirausaha Rumah Tangga di Kota Samarinda’, Edutourism Journal Of Tourism Research, 1(2), p. 38. doi: 10.46964/jtr..v1i2.235.

Wahyudi, A. et al. (2020) ‘Upaya Peningkatan Wirausaha Baru di Kawasan Kejawan Gebang Suarabaya Melalui Pelatihan Pembuatan Es Krim Ubi Ungu’, ABDIMAS Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 24(2), pp. 129–133. Available at: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/16998/11321.

Wijana Susinggih, Usman Effendi dan Elis Setiati. (2001) ‘Optimasi Penambahan Buah Apokat Pada Es Krim Santan Kelapa’, Jurnal Teknologi Pertanian, 2(1), pp. 87–91.




DOI: https://doi.org/10.32382/mirk.v3i2.3057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.