SUPLEMENTASI TEPUNG DAUN KELOR MENINGKATKAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL ANEMIA MELALUI PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU KELURAHAN MANDALA DI WILAYAH PUSKESMAMAS MAMAJANG

Marhaeni Marhaeni, Ros Rahmawati, Maria Sonda

Abstract


ABSTRAK

 

            Anemia pada ibu hamil hingga saat ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia bahkan di dunia yang dapat berakibat buruk terutama pada kelompok rawan gizi berawal dari ibu hamil, hingga pada bayi, anak balita, anak sekolah, remaja sebagai calon sumberdaya manusia yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap pembangunan Nasional. Masalah tersebut tidak terlepas dari kondisi ekonomi dan daya beli masyarakat yang tidak menentu, diperberat oleh tingkat pendidikan, pengetahuan dan sikap serta perilaku yang kurang mendukung.   Sebuah kearifan lokal, daun kelor salah satu tanaman super food diyakini sebagai sumberhayati yang kaya kandungan gizi dibanding sumber nutrisi lainnya, dan secara farmakologis mengandung zat besi untuk meningkatkan kadar Hb, namun oleh masyarakat pada umumnya dan khususnya masyarakat Kelurahan Mandala menjadikan tumbuhan tersebut sebatas bahan sayuran sebagai warisan turun temurun, namun berbagai kekayaan nilai hayati belum dipahami dalam cara pengolahannya. Kehadiran engabdian masyarakat melalui program Kemitraan Masyarakat menjadi dasar bagi tim PPDM untuk mendekatkan masyarakat dalam proses hilirisasi hasil penelitian guna meningkatkan kesadaran mereka dalam pemanfaatan sumberdaya ekologis melalui peran kader Posyandu dengan metode edukatif dengan tatap muka, diskusi dan simulasi di Wilayah Puskesmas Mamajang. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan sikap kader Posyandu tentang manfaat dan pengolahan daun kelor menjadi aneka Cemilan dan mengimplementasikannya di Posyandu, disamping output berupa lembar balik, dan artikel sehingga dapat menjadi referensi bagi masyarakat dan Institusi terkait sebagai bagian dari upaya mengentaskan kasus-kasus anemia gizi yang menimpa masyarakat rawan gizi, khususnya pada wanita hamil, nifas dan menyusui.

Full Text:

Full Article

References


DAFTAR PUSTAKA

Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (2013) ‘Riset Kesehatan Dasar Kementerian RI’, Proceedings, Annual Meeting - Air Pollution Control Association, 6. doi: 1 Desember 2013.

Bridges, D. et al. (2011) ‘interprofessional education: three best practice models of interprofessional education’, Medical Education Online ISSN:, 2981. doi: 10.3402/meo.v16i0.6035.

Dinkes Propinsi Sulawesi Selatan (2018) ‘Profil Kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan’, pp. 1–2

Hadiat (2015) ‘Stunting di indonesia dan gerakan nasional percepatan perbaikan gizi (gerakan 1000 hpk)’, Kementerian PPN/Bappenas.

Iswarawanti, D. N. (2010) ‘Kader Posyandu: Peranan dan Tantangan Pemberdayaannya dalam Usaha Peningkatan Gizi Anak di Indonesia’, Manajemen Pelayanan Kesehatan, 13(04), pp. 169–173.

Krisnadi, A. D. (2015) Kelor Super Nutriisi. Edisi Revi. Blora: Morlindo Marinaga Indonesia.

Kurniawati, S., Murwani, S. and Winarso, D. (no date) ‘Comparison of Antibacterial Potential of Water Extract and Ethanol Extract of Moringa Leaves (Moringa oleifera) on the Growth of Pseudomonas aeruginosa NN-1- PKH In Vitro’, Program Studi Pendidikan Dokter Hewan, Program Kedokteran Hewan Universitas.

M.Noor Hasnah et al. (2019) Efektivitas Suplementasi Tepung Daun Kelor kombinasi Asam Folat dan Vitamin B12 Terhadap Kadar Hemoglobin Kasus Anemia pada Pekerja Wanita Buruh Kawasan Industri Makassar.

Notoatmodjo, S. (2003) Pendidikan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. 1st edn. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2012) Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan ( Edisi Revisi 2012 ). Edisi Revi. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2014) Ilmu Perilaku Kesehatan. Cetakan II. Jakarta: Rineka Cipta , 2014. Cet.

Pattola et al. (2020) Gizi Kesehatan dan Penyakit, Sustainability (Switzerland). Edited by A. Rikki. Yayasan Kita Menulis. Available

Purwati, P. (2020) ‘Gizi Seimbang untuk Pencegahan Anemia’, Jurnal ABDIMAS-HIP : Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), pp. 69–72. doi: 10.37402/abdimaship.vol1.iss2.103.

RISKESDAS (2019) Laporan Riskesdas 2018 Nasional. Jakarta: Kementerian Kesehatan R.I. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

RY, A. and Dewi, E. (2018) Anemia dalam kehamilan. 1st edn, Jember. 1st edn. Jember: Pustaka Abadi.

WHO (2019) ‘Anemia in Women and Children WHO Global Anaemia estimates, 2021 Edition’, World Health Organization, pp. 59–60.

World Health Organization (2017) ‘World Health Statistics 2016 Monitoring Health for the SDGs Sustainable Development Goals’, Intergovernmental Panel on Climate Change, p. 3




DOI: https://doi.org/10.32382/mirk.v4i1.3211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.