Pelaksanaan Senam Bagi Ibu Hamil Trimester II - III Sebagai Upaya Mendukung Persalinan Yang Aman Di Puskesmas Kassi Kassi Makassar

Agustina Ningsi, Maria Sonda, Subriah Subriah

Abstract


Mitra Program Kemitraan Masayarakat (PkM) ini adalah Kegiatan pengabdian masyarakat melibatkan kader posyandu dan petugas kesehatan . Masalahnya adalah: 1) Masih tingginya Angkja Kematian Ibu akibat perdarahan dalam masa persalinan (2 Belum optimalnya partisipasi ibu hamil dalam kegiatan senam hamil (3 Terbatasnya akses lananan senam hamil selama pandemi covid 19 (4 belum optimalnya kerjasama petugas kesehatan dengan kader dalam menyampaikan informasi. Khalayak Sasaran eksternal adalah (1 Kader (2 Ibu hamil dan (3 keluarga.  Metode yang digunakan adalah: pelatihan/refreshing kader, dan pelatihan senam hamil bagi kader bersama dengan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1 Membuat modul sederhana untuk digunakan pada kegiatan pengabdian masyarakat (2 Melaksanakan kegiatan pemberian penyegaran kader tentang manfaat senam hamil dalam kehamilan (3 Terlaksananya kegiatan pelatihan senam hamil.

 

Kata kunci: Senam Hamil, Pemberdayaan Kader


Full Text:

Full Article

References


Baby Centre, 2016. Eight Great Benefits of Pregnancy Exercise.

Cunningham., dkk, 2006. Obstetri Williams (Edisi 21), Jilid Pertama. Jakarta: EGC.

Fraser, M Diane., dan Margaret A. Cooper, 2011. Myles Buku Ajar Bidan (Edisi 14). Jakarta: EGC

Kemenkes RI, 2020. Buku KIA Kesehatan Ibu dan Anak.

Ida. 2012. Senam Hamil : http://www.mediabangsa.com/home/112- kehamilan/572-senam-hamil.pdf. tanggal akses 10 April 2021.

Mayo Clinic, 2016. Healthy Lifestyle. Pregnancy Week by Week.

NHS Choice UK, 2017. Health A – Z. Your Pregnancy and Baby Guide.

Poltekkes Kemenkes Makassar,2020. Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat Dosen & Mahasiswa.Pusat Penelitian & Pengabdian Masyarakat Poltekkes Makassar.

PPKC, 2020. Kurikulum Pelatihan Instruktur Senam Hamil dan Nifas Dini Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.32382/mirk.v4i1.3223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.