Editorial Policies

Focus and Scope

Media Gizi Pangan (MGP) merupakan media publikasi hasil penelitian, laporan kasus dan review paper yang berhubungan denga topik gizi masyarakat, gizi klinik dan pengolahan pangan. Jurnal diterbitkan dua  kali setahun dengan periode Januari-Juni dan Juli-Desmeber.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Volume XXIV, Edisi 2, Juli-Desember 2017

Unchecked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Volume 25, Edisi 2, Juli-Desember 2018

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Volume 24, Edisi 2, Juli-Desember 2017

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Volume 21, No. 1, Januari - Juni 2016

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Volume 21, No. 2, Juli - Desember 2016

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Volume 26, Edisi 1, Januari-Juni 2019

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Volume 26, Edisi 2, Juli-Desember 2019

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Peer Review Process

Manuskrip yang akan dipublikasi di Jurnal Media Gizi Pangan (MGP) dinilai oleh mitra bestari (peer reviewer) dan Tim editor, peninjauan dilakukan secara blind review. Editor teknis menangani semua korespondensi dengan penulis dan mitra bestari, selnajutnya pimpinan Redaksi dan editor membuat keputusan akhir apakah manuskrip diterima, ditolak atau perlu direvisi oleh penulis.

Prosedur review oleh mitra bestari ialah sebagai berikut :

  1. Pemimpin Redaksi dan Editor akan melakukan evaluasi terhadap setiap manuskrip yang diterima apakah sesuai dengan fokus dan lingkup jurnal Media Gizi Pangan (MGP) atau tidak.
  2. Jika sesuai Pemimpin redaksi dan editor akan menunjuk satu atau dua mitra bestari
  3. Mitra bestari yang ditunjuk diberi waktu paling lama 3 minggu untuk mereview dan menyerahkan hasil review ke Pimpinan redaksi atau editor
  4. Jika salah satu mitra bestari memberi rekomendasi penolakan, maka pimpinan redaksi akan menunjuk mitra bestari ketiga atau kepala editor memutuskan apakah menerima atau menolak tanpa harus menunjuk mitra bestari ketiga.

Manuskrip yang dikembalikan ke penulis untuk direvisi mengikuti prosedur sebagai berikut :

  1. Pimpinan redaksi atau kepala editor mengirim kembali Manuskrip yang telah direview oleh mitra bestari ke penulis
  2. Penulis harus merevisi paling lama 2 minggu setelah Manuskrip diterima
  3. Penulis mengirim kembali Manuskrip yang telah direvisi bagian editor
  4. Bagian editor memeriksa apakah Manuskrip yang direvisi sesuai dengan saran mitra bestari
  5. Bagian Editor dapat memberikan rekomendasi kepada Pemimpin Redaksi bahwa Manuskrip harus kembali ke penulis, menerima, atau menolak dalam waktu 2 minggu.
  6. Setelah diterima oleh bagian Editor, Manuskrip diteruskan ke editor teknis untuk layout serta dibawa ke rapat dewan redaksi.
  7. Pemimpin Redaksi mengirim surat penerimaan ke penulis dengan melampirkan Manuskrip cetak.
  8. Manuskrip manuskrip yang melebihi batas waktu revisi akan dibatalkan.
  9. Penulis dapat meminta perpanjangan kepada Pemimpin Redaksi sebelum revisi berakhir. Interval waktu dari tanggal Manuskrip dikirim ke penerimaan untuk publikasi bervariasi, tergantung pada waktu yang diperlukan untuk meninjau dan revisi.

Beberapa alasan umum mengapa sebuah Manuskrip ditolak, yaitu :

  1. Topik Manuskrip tidak sesuai dalam fokus dan lingkup jurnal Media Gizi Pangan (MGP)
  2. Substansi manuskrip tidak memenuhi standar Jurnal ilmiah seperti data tidak lengkap, metodologi yang digunakan kurang tepat, referensi yang digunakan, tidak ada konsistensi antara tujuan, desain, hasil dan kesimpulan.
  3. Manuskrip tidak ditulis mengikuti Pedoman penulisan Jurnal Media Gizi Pangan (MGP)
  4. Manuskrip ini dapat ditolak tanpa proses peninjauan. Manuskrip juga bisa ditolak dalam proses peninjauan jika Penulis tidak merevisi Manuskrip seperti yang disarankan oleh mitra bestari dan dewan redaksi.
  5. Jika Manuskrip ditolak, penulis akan diberitahu oleh Pemimpin Redaksi dengan pernyataan alasan penolakan.
  6. Penulis dapat mengajukan banding kepada Pemimpin Redaksi jika dia yakin penilaian Pemimpin Redaksi tidak adil dengan melampirkan alasan penulis.
  7. Pemimpin Redaksi akan meninjau dan membahas alasan dengan Bagian Editor dan kemudian memutuskan apakah akan menerima atau menolak banding.

Sebelum manuskrip dipublikasikan, Pimpinan Redaksi akan mengirimkan naskah pra cetak ke penulis untuk dibaca dan ditelaah sekali lagi, jika terdapat kesalahan penulisan segera di koreksi dan dikembalikan.

Setiap manuskrip yang dipublikasikan merupakan hak cipta Media Gizi Pangan (MGP), penulis akan menandatangani formulir penyerahan Hak cipta ke Media Gizi Pangan (MGP), hak cipta tersebut mencakup hak eksklusif untuk memreproduksi, mendistirbusikan dan menjual bagian dari manuskrip tersebut dalam semua bentuk media publikasi.