PENERAPAN METODE KONSUMSI DENGAN PERAMALAN, EOQ, MMSL DAN ANALISIS ABC-VEN DALAM MANAJEMEN PERBEKALAN FARMASI DI RUMAH SAKIT PELAMONIA MAKASSAR

Veronica Dampung, Alimin Maidin, Ria Mardiana

Abstract


Kepmenkes RI No. 1197/Menkes /SK/ 2004 tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai EOQ, Safety Stock dan ROP untuk mencegah stagnasi dan stockout. Kemudian membandingkan nilai stok sebelum dan sesudah dilakukan simulasi perencanaan dan pengendalian perbekalan farmasi pada RS Pelamonia Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik nonprobability sampling, yaitu snowball sampling dan purposive sampling.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data di lapangan (Model Miles and Huberman) serta analisis data selama di lapangan (Model Spradley) dengan memakai pendekatan analisis taksonomi dan komponensial.Hasil penelitian ini menemukan bahwa dengan adanya sistem perencanaan yang telah diperhitungkan dengan baik sebelumnya serta adanya pengendalian persediaan yang dilakukan akan lebih mengefisienkan pengelolaan perbekalan farmasi di apotik umum Instalasi Farmasi Rumah Sakit Pelamonia yang ditunjukkan dengan menurunnya nilai stok,  angka TOR yang semakin tinggi dan ratio perbandingan stock persediaan dengan persediaan terpakai yang semakin kecil.  Hasil ini memberikan gambaran bahwa Rumah Sakit Pelamonia khususnya apotik umum instalasi farmasi rumah sakit sebaiknya menggunakan perencanaan persediaan terpilih dan metode pengendalian persediaan terpilih untuk lebih mengefisienkan pengelolaan perbekalan farmasiapotik umum atau IFRS pada umumnya sehingga dapat mengurangi terjadinya angka stagnasi dan stockoutpada instalasi farmasi tersebut.

Full Text:

PDF

References


Anshari, Muhammad., (2009). Aplikasi Manajemen Pengelolaan Obat dan Makanan, Jogjakarta : Nuha Medika.

Assauri, Sofjan, (1984). Teknik dan Metode Peramalan: Penerapannya dalam bidang Ekonomi dan Dunia Usaha, Edisi 1, Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Bowersox, Donald J, (2002), Manajemen Logistik, Integrasi Sistem Manajemen Distribusi Fisik dan Manajerial Material, Alih bahasa oleh A. Hasyim Ali, Drs, Cetakan ke – 4 PT.Bumi Aksara, Jakarta.

Heizer J. dan Render B. (1991), Production and Operations Management, Second Edition, Allyn and Bacon, Boston.

Husnan S. Dan Pudjiastuti E., (1994. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Unit Pengembangan Pendidikan Akademi Manajemen Perusahaan, Yogyakarta : Yayasan Keluarga Pahlawan Nasional.

Kepmenkes RI No. 1197/Menkes SK/2004 tentang Standar PelayananFarmasi di Rumah Sakit (20 Agustus 2005, Http:/www.depkes.go.id/downloads/standar%20%20RS% 201197 204 45.pdf).

Miranda, S. T., A. W., (2005). Manajemen Logistik dan Supply Chain Management, Jakarta : Harvarindo.

Muluk, K. Budaya Organisasi Pelayanan Publik (Kasus pada Rumah Sakit X di Malang) diambil dari (http://publik.brawijaya.ac.id/simple/us/jurnal/pdffile/Budayaorganisasi. Tanggal 7 september 2007)

Prihartini A. Anwar, (2010), Analisis Faktor Penyebab Stagnasi Obat Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Stella Maris Makassar”. (Tesis)

Indrawati, C. S. Suryawati, S. Pudjaningsih, (2001), Analisis Pengelolaan Obat Di Rumah Sakit Umum Daerah Wates. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan.

Quick JD. (1997). Managing Drug Supply : The Selection, procurement, distribution and use of pharmaceuticals, Second Edition. Connecticut : Kumarin Press Inc.

Sulistyaningsih, L. Suryawati, S., (1999), Evaluasi Manajemen Obat di RSUD Wangaya Kotamadya Dati II Denpasar, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan,

Tampubolon, M. Silabon, P., (2004). Penerapan dan Pendekatan Teori Sistem : Studi Kasus Universitas HKBP Nomensen.. Diambil dari http://www.library.usu.ac.id/download/ft/sipil-muslim3.pdf.

Tjahjono B., (1998). Manajemen Logistik dan Obat, Program Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya.

Trisnantoro, L. (2005), Aspek Strategis Manajemen Rumah Sakit Antara Misi Sosial dan Tekanan Pasar. Andi.Yogyakarta.

Yamit Z, (2003), Manajemen Persediaan. Yogyakarta : EKONISIA

Yusmainita, (2002), Pemberdayaan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Pemerintah (Bagian I), Medika, No. 12 tahun ke XXVIII, Desember 2002, ISSN 0216-0910




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v14i1.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.