UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN TAMMATE (Lannea coromandelica) TERHADAP BAKTERI Propionilbacterium acnes DAN Escherichia coli

Taufiq Dalming, abdul karim, nurlaela nurlaela

Abstract


 

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian Uji daya hambat ekstrak daun tammate (Lannea Coromandelica) terhadap bakteri Propionilbacterium Acnes dan Escherichia Coli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas daya hambat antibakteri ekstrak etanol 70% daun tammate (Lannea Coromandelica) terhadap bakteri Propionilbacterium Acnes dan Escherichia Coli. Pengujian dilakukan dengan metode disc diffusion yaitu dengan menggunakan Kontrol media adalah NA (Nutrient Agar). Dihasilkan zona hambatan dengan diameter berbeda yang diperoleh dari ekstrak etanol 70% daun tammate (Lannea coromandelica) pada bakteri Propionilbacterium acnes konsentrasi 10%, 20% yaitu 10,540 mm, 12,418 mm. Terhadap bakteri Escherichia coli konsentrasi 10%, 20% yaitu 9,203 mm, 10,208 mm.

Kata kunci : Ekstrak daun tammate, Uji daya hambat, metode disc  diffusion, Propionilbacterium Acnes dan Escherichia Coli.

 

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v14i2.598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.