TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS DOI-DOI KECAMATAN PUJANANTING KABUPATEN BARRU
Hendra Stevani, Ayu Nabila Putri, Syarifuddin Side
Abstract
Puskesmas adalah unit pelaksana teknik dinas kesehatan kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan dikecamatan, Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di puskesmas Doi-Doi Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru pada tahun 2016, sebagai masukan bagi pihak puskesmas sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien rawat jalan maupun rawat inap di puskesmas. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei – Juni. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif dengan menggunakan instrument penelitian berupa kusioner yang ditujukan kepada 47 responden yang sudah minimal 2 (dua) kali datang mengambil obat. Data diolah menggunakan skala likert dan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di puskesmas Doi-Doi Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru pada tahun 2016 dalam kategori puas (69,93%).
A.A. Gde Muninjaya. (2004). Manajemen Kesehatan. Jakarta: Penerbit BukuKedokteran EGC: 220-234.Persada http://eprint.ung.ac.id/id/eprint/4811 (di akses tanggal12 februari 2016
Adisasminto, Wiku. (2010). Sistem Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persadah http://eprint.ung.ac.id/id/eprint/4811 (di akses tanggal12 februari 2016
Amir , A. 2015. Studi tingkat kepuasan pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Watampone Kota Bone . Akademi Farmasi Yamasi, Makassar.
Anonim. (2006). Ketersediaan HayatiObat.http//www.Psortalkalbe.com (Tanggal Akses Juli 2008.)
Http://upelkes-kalbar.com/peran-tenaga-farmasi-dalam-akreditasi-di-puskesmas/(di akses tanggal 20 maret)
Pohan, I.S. (2007). Jaminan mutu Layanan Kesehatan : Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta. EGC.Siregar, Charles. JP., 2004. Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapan. Cetakan I, Penerbit EGC, Jakarta