TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYAN OBAT DI PUSKESMAS BARAKA KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG

santi sinala, Hiany Salim, Nindia Reski Ardilla

Abstract


Telah dilakukan penelitian di Puskesmas Baraka Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan obat di Puskesmas Baraka. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan obat di Puskesmas Baraka Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang dalam kategori puas (68,6%). Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan Skala Likert, yaitu untuk jawaban sangat puas diberi nilai 4, puas diberi nilai 3, cukup puas diberi nilai 2, tidak puas diberi nilai 1. Hasil penelitian pada lima dimensi kualitas pelayanan diperoleh presentase skoryaitu kehandalan = 66,4% (puas),daya tanggap = 67,7% (puas), jaminan = 69,2 % (puas), kepedulian = 66,7% (puas), bukti fisik =72,9% (puas). 

 Kata kunci : Pelayanan Obat, Kepuasan Pasien.


Full Text:

PDF

References


Anief, M., 2004, Manajemen Farmasi, : Yogyakarta : Gadjah Mada University

Anonim.,2011,Pelayanan Informasi Obat,http://tyutmahiwa.blogspot.com/2011/04/pelayanan -informasi-obat-pio.html diakses tanggal 3 Januari 2016

Batubara, P.L., 2008, Farmakologi Dasar, edisi II : Jakarta : Lembaga Studi dan Konsultasui Farmakologi

Depkes RI., 2006, Pedoman Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas, Depkes RI : Jakarta

Ditjen Binfar & Alkes., 2006, Pedoman Konseling Pelayanan Kefarmasian di Sarana Kesehatan.: Jakarta

Effendi, F & Makhfudli., 2013, Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan : Jakarta

Eka, A., 2014, Hubungan Pelayanan Kefarmasian Dengan Kepuasan Pasien Menggunakan Jasa Apotek Di Kota Denpasar, Denpasar : Universitas Udayana Denpasar

Jasfar, F., 2005, Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Bogor : Ghalia Indonesia

Katzung, B. G., 2007, Basic & Clinical Pharmacology, Tenth Edition, United States : Lange Medical Publications

Menteri Kesehatan Republik Indonesia 2010, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 193/Kab/B.VII/71. Tentang Pengertian Obat, Jakarta : Menkes RI

Kotler, 2005, Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT. Indeks Kelompok Greamedia

Parasuraman, dkk., 2003, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan. Journal Of Retailing, Vol.64, No.1

Pohan, I.S., 2006, Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta : EGC

Siregar, C.J.P, 2003, Farmasi Rumah Sakit Teori & Penerapan, Jakarta : EGC

Sugiyono., 2005., Metode Penelitian Admninistrasi, Bandung : Alfabeta

Trihono., 2005, Manajemen Puskesmas Berbasis Paradigma Sehat, : Jakarta: Sagung Seto.

Umar, H., 2003, Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Jakarta : Ghalia Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.32382/mf.v14i1.91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kontak Editor

Hendra Stevani

Jurusan Farmasi Poltekkes kemenkes Makassar

email : hendra@poltekkes-mks.ac.id

View My Stats

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.